Langsung ke konten utama

PELATIHAN SUKSES MENDAPATKAN PEKERJAAN IMPIAN


Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian 
Dalam rangka mempersiapkan kelulusan jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta, tanggal 26 Maret 2013, diselenggarakanlah sebuah pelatihan yang bertajuk "Job Hunting: Getting to The Great Job." Pelatihan ini dibawakan oleh Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya. Pelatihan ini dikemas dalam in house training selama 3,5 jam efektif yang diikuti oleh  Mahasiswa Jurusan Keibidanan. Dalam pelatihan ini diantaranya dijelaskan mengenai: Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan menjual, apa saja tips dan trik menghadapi tes wawancara dan bagaimana agar kita mendapatkan pekerjaan impian.

Lulus dari jenjang perguruan tinggi merupakan dambaan setiap mahasiswa yang telah mencapai semester akhir. Namun impian kamu tentu tidaklah berhenti di situ saja. Setelah satu impian telah berhasil kamu capai, maka sudah barang pasti kamu akan menggapai impian selanjutnya, tentu dengan kualitas pencapaian yang lebih dahsyat daripada tingkat pencapaian yang sebelumnya.

Belum juga lulus, namun mahasiswa semestinya memikirkan bagaimana nasibnya memasuki aktivitas sehari-harinya selepas menjadi seorang aktivis mahasiswa. Sebagian khawatir, gelisah, gundah gulana. Dan di sini diperlukan kemampuan dimana kamu harus bisa melihat secara proporsional antara realita (kemampuan dan skill kamu) dengan impian yang ingin kamu capai. Mematok target terlau rendah sama halnya dengan membatasi potensial kehebatan kamu. Namun menggantungkan mimpi yang terlalu tinggi kerap kali justru membuat kamu frustasi karena tidak jarang di tengah perjalanan memutuskan untuk berhenti, merasa bahwa impian kamu terlalu lama untuk bisa diwujudkan atau mungkin kamu terjebak dalam kejenuhan.
Simulasi Tes Wawancara dalam Mlamar Kerja

Lalu bagaimana langkah bijak yang seharusnya kita ambil dalam usaha sukses mendapatkan pekerjaan impian?

1. Tentukan pekerjaan impan kamu berdasar bakat, minat potensi dan keahlianmu.
Jika kamu telah menemukan passion pada satu impian, maka yakinlah bahwa kamu akan dapat menjalaninya dengan penuh kebermaknaan. Perasaan bahagia akan menjadi menu keseharian dalam aktivitas kamu. Karena rasa bahagia itu kamu aka merasakan kebahagaiaan bekerja dan akan sangat dijauhkan dengan virus kebosanan. Kamu justru akan semakin enjoy karena merasa klop dengan pekerjaan dan selain itu kamu juga akan merasakan adanya satu ketersambungan antarkaryawan.

2. Mencari info lowongan kerja dan mengirimkan surat lamaran sesuai dengan kaidah yang baik.
Info lowongan kerja bisa didapat dari iklan lowongan di koran, dari teman, maupun dari sitis-situs internet. Adapun surat lamaran yang baik harus good loooking, good quality, smart and creatif, bersifat persuasif dan sertakan foto terbaru yang menarik.

3. Cerdaslah dalam mengikuti tes seleksi karyawan.
Seleksi yang umum digunakan dalam perekrutan karyawan misalnya: tes tertulis (mengenai pengetahuan umum dan bidang kehian), psikotes, tes praktek dan interview atau wawancara.

Bagi mahasiswa yang belum pernah melamar kerja, tentu hal ini adalah hal baru yang harus dipelajari. Hal ini karena menghadapi tes seleksi karyawan harus hati-hati. Tidak jarang penilaian itu justru dilihat dari hal kecil yang tiada sadar ternyata hal sepele itu menjadi titik penilaian. Oleh karenanya, seorang pelamar kerja yang hendak dipanggil untuk mengikuti tes wawancara setidaknya harus memperhatikan kriteria seperti:

1. Usahakan untuk datang 15 menit sebelum tes wawancara dimulai.
2. Kenakanlah baju sopan dan tampilkan diri kamu dengan rapi dan elegan supaya enak dipandang.
3. Gunakan aksesori bisnis seperlunya.
4.  Berjalanlah layaknya orang yang berwibawa.
5. Senyumlah dan tunjukkan mata yang berbinar-binar.
6. Jabat tangan interviewer dengan gaya jabatan yang semestinya
7. Jujurlah dan tunjukkan rasa optimis ketika menjawab pertanyaan dari seorang interviewer
8. Jawablah pertanyaan dengan tenang dan eye contact menatap lembut mata lawan bicara
9. Tetap rileks selama berwawancara dan tetap menjaga bahasa tubuh Anda.
10. Jawablah pertanyaan dengan prinsip KISS (Keep in short and simple) tetapi  mengena. Jawaban yang terlalu panjang bertele-tele akan memakan banyak waktu.

Nah semoga tips di atas bisa membantu temen-temen yang pengin mendapatka pekerjaan impian. Okeylah.. Bagi teman-teman yang yang berminat untuk mengadakan pelatihan, program pengembangan diri, riset SDM maupun konsultasi bisa menghubungi call center MATAHATI JOGJA yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning IV Minomartani sleman Yogyakarta 55581. Telp (0274) 8722014, 3039811 atau 081227782801. E-mail: matahati.jogja@yahoo.co.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dinsosnakertrans Yogyakarta: Membangun Motivasi dan Kemandirian Keluarga

Dalam rangka pelaksanaan pembinaan keluarga difabel (penyandang disabilitas), Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Yogyakarta bekerjasama dengan Matahati Training & Consulting untuk mengadakan pelatihan yang bertajuk “Membangun Motivasi dan Kemandirian Keluarga.” Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 23 April 2013 di ruang pertemuan LK3 TERATAI Jl. Lempuyangan No. 1 Yogyakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta yang dianugerahi putera/puteri penyandang disabilitas seperti penyandang tunanetra, tunarungu, cacat kaki dan ketidaksempurnaan mental.   Dalam pelatihan ini tampil Bapak Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya, membawakan   materi yang sangat menarik, menginspirasi dan memotivasi. Pelatihan Dinsosnakertrans Kota Yogyakarta Bersama Kiki F. Wijaya Menjadi orang tua adalah satu tugas mulia, dimana kita akan dikaruniai putera sebagai buah cinta. Anak adalah wujud anugerah Tuhan. Apapun adan...

GREAT CHARACTERS : 7 KARAKTER PEMENANG SEJATI (BUKU KE EMPAT KIKI F. WIJAYA : MOTIVATOR JOGJA)

Kalau kita amati dengan lebih teliti, ternyata dalam sejarah peradaban manusia ada orang yang sangat sukses dan ada pula orang yang sukses pada umumnya. Atau dalam redaksi yang berbeda, dalam kehidupan ini ada orang yang mampu mencapai prestasi spektakuler (great achiever) dan ada orang yang hanya mencapai prestasi yang biasa-biasa saja (good achiever) . Di sebut prestasi yang biasa-biasa saja karena kesuksesan tersebut bisa diraih oleh setiap individu jika mereka berusaha dan sungguh-sungguh mengupayakannya. Setiap orang bisa memiliki harta yang berlimpah, karir yang cemerlang atau popularitas yang mempesona. Asalkan orang tersebut mau berusaha, lalu menempa dirinya dengan sungguh-sungguh dan bertekun dengan impiannya itu, maka sukses dalam pengertian tersebut pasti bisa diraihnya. Namun hal ini sangat berbeda dengan orang yang berprestasi luar biasa (great achiver) .  ada tiga hal yang membedakan orang yang berprestasi luar biasa dengan orang-orang yang sukses pada...

Pelatihan Manajemen Usaha Disperindag Sleman & Matahati Jogja

Alhamdulillah, untuk ke sekian kalinya, Matahati Jogja dipercaya menjadi mitra Disperindagkop Sleman Yogyakarta dalam Super Motivation Training yang bertajuk "Pelatihan Manajemen Usaha Sektor Industri" . Paling tidak, selama bulan April ini, ada dua kelas yang dilatih. Kelas pertama diselenggarakan pada tanggal 10-12 April 2012 di Desa Sendang Tirto Berbah Sleman Yogyakarta. Sedangkan kelas kedua diselenggarakan pada tanggal 17-19 April 2012 di Desa Kali Tirto Berbah Sleman Yogyakarta. Yang menarik, latar belakang peserta yang mengikuti pelatihan ini sangat berbeda. Pada kelas yang pertama, peserta didominasi oleh para ibu rumah tangga yang mengolah produk makanan berbahan kacang mete. Salah satunya produk andalannya adalah peyek mete. Sementara pada kelas yang kedua, pesertanya berasal dari ibu rumah tangga yang mengolah abon berbahan ikan air tawar, seperti lele, nila, dan lain sebagainya.  Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini terbatas. Hanya 20 orang per kela...