Langsung ke konten utama

AMT “from Zero to Hero” PNPM Kulon Progo

Pelatihan dipandu oleh Kiki F. Wijaya

Dalam rangka mengembangkan jiwa dan mental kewirausahaan, serta untuk membekali keterampilan pemasaran, PNPM Mandiri Kulon Progo menyelenggarakan 2 hari pelatihan yang dipandu oleh Matahati Jogja. Pada hari pertama, pelatihan diselenggarakan di  gedung UPK PNPM Kulon Progo dengan materi pelatihan yang bertajuk “Achievement Motivation Training: FROM ZERO TO HERO”. Adapun hari ke-2 pelatihan diadakan di Balai Desa Hargorejo, Kokap, Kulon Pogo dengan materi pelatihan yang bertajuk “Manajemen Pemasaran”. Secara keseluruhan peserta pelatihan setidaknya mencapai 55 peserta.

Dalam pelatihan yang diselenggarakan 1-2 Maret 2013 itu, tampil Kiki F. Wijaya membawakan materi pelatihan dengan gaya serius tapi santai. Karena itulah sepanjang pelatihan para peserta tetap antusias memperhatikan. Selain ceramah interaktif, ia juga menyajikan permainan, simulasi, diskusi. 

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu memunculkan ide usaha bisnis yang prospektif dan profitable. Adapun bagi mereka yang sudah mempunyai usaha, diharapkan agar mereka bisa lebih kreatif dan inovatif sehingga tidak kalah persaingan bahkan usaha mereka dapat terus bertahan di pasaran dan mampu memperoleh omzet yang terus meningkat. Tetapi tidak mudah memang, mengelola sebuah usaha yang baru dibutuhkan ilmu managemen yang cukup memadai. Seorang wirausahawan harus pandai melihat peluang, mempunyai gagasan kreatif dan cemerlang, berjiwa kepemimpinan, tidak mudah meyerah, barani mengambil resiko dengan pertimbangan yang matang dan bermental kewirausahaan.

Selain itu untuk menjadi pebisnis yang handal, seorang  wirausahawan harus mampu mengenali pasar dan konsumennya, mampu bersaing dengan kompetitor lain dan harus terus meningkatkan kepuasan pelanggan. Bukan saja pelanggan eksternal saja, tetapi harus mampu meningkatkan kesejahteraan internal juga.

Teori mengenai kepuasan pelanggan sangat penting bagi pebisnis baru. Karena sejatinya kepuasan pelangganlah yang akan mementukan berkembang tidaknya sebuah usaha. Adapun hal-hal yang dapat mendorong kepuasan pelangan itu bermacam-macam, setidaknya kami sederhanakan mejadi 5 faktor, yaitu:

  1. Faktor Kualitas Produk. Baik produk barang maupun jasa, kuaalitas produk yang baik mempunyai performance yang menarik dan berkesan, aman terpercaya, konsisten dan mempunyai design yang unik.
  2.  Faktor Harga. Harga yang kompetitif tidak harus murah. Boleh saja kita menetapkan harga yang tinggi asal produk kita pun secara kualitas memang sebanding dngan kualias produk yang kita tawarkan.
  3.  Faktor Pelayanan. Pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Sebagaimana filosofi yang serig kita dengar bahwa konsumen adalah raja, maka perlakukan konsumen dengan ramah. Terapkan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Dengan begitu konsumen akan merasa dihargai dan merasa nyaman berhadapan dengana Anda. Setelah itu Anda bisa menganbil hatinya dengan menawarkan manfaat produk yang Anda tawarkan.
  4.  Faktor Emosional. Brand-brand tertentu bagi orang –orang tertentu dapat menimbulkan kepuasan tersendiri. Di sini kita harus mampu memberikan citra yang positif untuk produk yang sedang kita tawarkan.
  5.  Faktor Kemudahan. Selain 4 hal yang telah disebutkan, faktor kemudahan juga sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kemudahan itu misalnya kemudahan dalam hal mendapatkan barang, kemudahan pembayaran, kemudahan mengakses informasi, serta kemudahan penggunanaan dan pemeliharaan barang. 

Taken at UPK PNPM Kulon Progo
Begitu banyak hal harus diperhatikan pada tahap awal pembukaan usaha baru. Seorang wirausahawan dituntut untuk bisa menarik perhatian konsumen, menimbulkan hasrat untuk membeli dan melayani dengan baik demi terciptanya kepuasan pelanggan. Dengan kepuasan ini diharapkan akan ada repeat order atau bahkan melahirkan pelanggan setia yang selalu merindukan  produk kita.

Dengan pembekalan yang telah disampaikan diharapkan para pesera mampu menjadi pelopor dalam kemajuan ekonomi pedesaan di masing-masing wilayahnya. Dengan begitu, roda perekonomian dapat berjalan lancar dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu menciptakan lapangan kerja.

Nah, untuk segenap pembaca yang berminat untuk mengadakan pelatihan, program pengembangan  diri maupun konsultasi, hubungi call center Matahati Training & Consulting yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning Minomartani Sleman Yogyakarta 55581. Telp (0271) 8722014, 3039811 atau 081227782802. E–mail: matahati.jogja@yahoo.co.id.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

GREAT CHARACTERS : 7 KARAKTER PEMENANG SEJATI (BUKU KE EMPAT KIKI F. WIJAYA : MOTIVATOR JOGJA)

Kalau kita amati dengan lebih teliti, ternyata dalam sejarah peradaban manusia ada orang yang sangat sukses dan ada pula orang yang sukses pada umumnya. Atau dalam redaksi yang berbeda, dalam kehidupan ini ada orang yang mampu mencapai prestasi spektakuler (great achiever) dan ada orang yang hanya mencapai prestasi yang biasa-biasa saja (good achiever) . Di sebut prestasi yang biasa-biasa saja karena kesuksesan tersebut bisa diraih oleh setiap individu jika mereka berusaha dan sungguh-sungguh mengupayakannya. Setiap orang bisa memiliki harta yang berlimpah, karir yang cemerlang atau popularitas yang mempesona. Asalkan orang tersebut mau berusaha, lalu menempa dirinya dengan sungguh-sungguh dan bertekun dengan impiannya itu, maka sukses dalam pengertian tersebut pasti bisa diraihnya. Namun hal ini sangat berbeda dengan orang yang berprestasi luar biasa (great achiver) .  ada tiga hal yang membedakan orang yang berprestasi luar biasa dengan orang-orang yang sukses pada umu

Pelatihan Motivasi "The Power of Dream"

Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Motivasi bersama Akper Notokusumo Yogyakarta Langkah pertama untuk menjemput kesuksesan adalah menetapkan impian . Dengan mempunyai impian, Anda akan tetap bertahan dan terus memperjuangkan impian karena sejatinya impian itu menyimpan kekuatan. Orang yang hidup tanpa impian akan cepat merasa bosan dan mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Singkat kata, impian menyimpan kekuatan yang akan mengaktifkan energi-energi luar biasa manusia. Kekuatan impian itu diantaranya adalah: Impian menunjukkan arah hidup Anda . Impian meningkatkan kekuatan Anda . Jika Anda telah menetapkan impian maka Anda pasti terbayang oleh perasaan nikmatnya mencapai impian itu. Dengan begitu Anda akan terdorong untuk bisa mewujudkan impian itu segera. Impian membantu Anda menentukan prioritas . Dengan impian yang telah Anda tetapkan, Anda akan bisa menentukan hal-hal apa saja yang menjadi prioritas bahkan hal/kegiatan apa yang bisa ditinggalkan. Dengan impian Anda

Outbound Dosen & Karyawan Jurusan Kebidanan UNRIYO

Bersama Respati Raih Prestasi....!!! Pada hari Sabtu, 9 Februari 2013 Matahati Jogja kembali diamanahkan oleh Ketua Jurusan D3 & D4 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta untuk bermitra mengadakan outbound di Desa Wisata Sendang Kumitir Turi Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 50 peserta yang terdiri dari dosen dan karyawan D3 & D4 Jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta. Peserta di area  Permainan Menyeberangi Sungai Dalam kegiatan ini terekam jelas keceriaan para peserta ketika memainkan berbagai permainan yang telah disajikan oleh Matahati Jogja. Pada permulaan acara para peserta mengikuti games raja ratu uhuy, aba-aba terbalik, dan tarian aramsasa. Diikuti dengan permainan step "A" dimana para peserta dituntut untuk berkoordinasi dan bekerjasama memindahkan bola yang telah disediakan dengan metode sedemikian rupa. Selain itu para peserta juga memainkan bakiak dimana di sini kita dapat belajar mengenai kebersama