Langsung ke konten utama

AMT “from Zero to Hero” PNPM Kulon Progo

Pelatihan dipandu oleh Kiki F. Wijaya

Dalam rangka mengembangkan jiwa dan mental kewirausahaan, serta untuk membekali keterampilan pemasaran, PNPM Mandiri Kulon Progo menyelenggarakan 2 hari pelatihan yang dipandu oleh Matahati Jogja. Pada hari pertama, pelatihan diselenggarakan di  gedung UPK PNPM Kulon Progo dengan materi pelatihan yang bertajuk “Achievement Motivation Training: FROM ZERO TO HERO”. Adapun hari ke-2 pelatihan diadakan di Balai Desa Hargorejo, Kokap, Kulon Pogo dengan materi pelatihan yang bertajuk “Manajemen Pemasaran”. Secara keseluruhan peserta pelatihan setidaknya mencapai 55 peserta.

Dalam pelatihan yang diselenggarakan 1-2 Maret 2013 itu, tampil Kiki F. Wijaya membawakan materi pelatihan dengan gaya serius tapi santai. Karena itulah sepanjang pelatihan para peserta tetap antusias memperhatikan. Selain ceramah interaktif, ia juga menyajikan permainan, simulasi, diskusi. 

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu memunculkan ide usaha bisnis yang prospektif dan profitable. Adapun bagi mereka yang sudah mempunyai usaha, diharapkan agar mereka bisa lebih kreatif dan inovatif sehingga tidak kalah persaingan bahkan usaha mereka dapat terus bertahan di pasaran dan mampu memperoleh omzet yang terus meningkat. Tetapi tidak mudah memang, mengelola sebuah usaha yang baru dibutuhkan ilmu managemen yang cukup memadai. Seorang wirausahawan harus pandai melihat peluang, mempunyai gagasan kreatif dan cemerlang, berjiwa kepemimpinan, tidak mudah meyerah, barani mengambil resiko dengan pertimbangan yang matang dan bermental kewirausahaan.

Selain itu untuk menjadi pebisnis yang handal, seorang  wirausahawan harus mampu mengenali pasar dan konsumennya, mampu bersaing dengan kompetitor lain dan harus terus meningkatkan kepuasan pelanggan. Bukan saja pelanggan eksternal saja, tetapi harus mampu meningkatkan kesejahteraan internal juga.

Teori mengenai kepuasan pelanggan sangat penting bagi pebisnis baru. Karena sejatinya kepuasan pelangganlah yang akan mementukan berkembang tidaknya sebuah usaha. Adapun hal-hal yang dapat mendorong kepuasan pelangan itu bermacam-macam, setidaknya kami sederhanakan mejadi 5 faktor, yaitu:

  1. Faktor Kualitas Produk. Baik produk barang maupun jasa, kuaalitas produk yang baik mempunyai performance yang menarik dan berkesan, aman terpercaya, konsisten dan mempunyai design yang unik.
  2.  Faktor Harga. Harga yang kompetitif tidak harus murah. Boleh saja kita menetapkan harga yang tinggi asal produk kita pun secara kualitas memang sebanding dngan kualias produk yang kita tawarkan.
  3.  Faktor Pelayanan. Pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Sebagaimana filosofi yang serig kita dengar bahwa konsumen adalah raja, maka perlakukan konsumen dengan ramah. Terapkan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Dengan begitu konsumen akan merasa dihargai dan merasa nyaman berhadapan dengana Anda. Setelah itu Anda bisa menganbil hatinya dengan menawarkan manfaat produk yang Anda tawarkan.
  4.  Faktor Emosional. Brand-brand tertentu bagi orang –orang tertentu dapat menimbulkan kepuasan tersendiri. Di sini kita harus mampu memberikan citra yang positif untuk produk yang sedang kita tawarkan.
  5.  Faktor Kemudahan. Selain 4 hal yang telah disebutkan, faktor kemudahan juga sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kemudahan itu misalnya kemudahan dalam hal mendapatkan barang, kemudahan pembayaran, kemudahan mengakses informasi, serta kemudahan penggunanaan dan pemeliharaan barang. 

Taken at UPK PNPM Kulon Progo
Begitu banyak hal harus diperhatikan pada tahap awal pembukaan usaha baru. Seorang wirausahawan dituntut untuk bisa menarik perhatian konsumen, menimbulkan hasrat untuk membeli dan melayani dengan baik demi terciptanya kepuasan pelanggan. Dengan kepuasan ini diharapkan akan ada repeat order atau bahkan melahirkan pelanggan setia yang selalu merindukan  produk kita.

Dengan pembekalan yang telah disampaikan diharapkan para pesera mampu menjadi pelopor dalam kemajuan ekonomi pedesaan di masing-masing wilayahnya. Dengan begitu, roda perekonomian dapat berjalan lancar dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu menciptakan lapangan kerja.

Nah, untuk segenap pembaca yang berminat untuk mengadakan pelatihan, program pengembangan  diri maupun konsultasi, hubungi call center Matahati Training & Consulting yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning Minomartani Sleman Yogyakarta 55581. Telp (0271) 8722014, 3039811 atau 081227782802. E–mail: matahati.jogja@yahoo.co.id.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggapai Cita Bersama

Pelatihan The Winning Team "Puskesmas Umbulharjo II" Di dalam kehidupan organisasi kerja, kita sebagai makhluk individu dihadapkan pada kehidupan sosial yang menawarkan banyak sekali perbedaan. Sebagai makhluk individu, masing-masing dari diri kita memiliki nilai, visi, misi dan tujuan. Namun ketika kita memasuki dunia kerja atau dunia sosial, kita dihadapkan pada visi, nilai dan aturan bersama yang mungkin dalam sudut pandangan kita akan menghambat tercapainya visi individu dalam diri kita. Di satu sisi kita ingin memperjuangkan visi hidup kita dengan segera, namun di sisi yang lain pekerjaan menuntut kita untuk kerja profesional, sedangkan untuk bisa kerja profesional, Anda merasa bahwa ada banyak hal yang harus Anda korbankan dari diri Anda. Menyikapi masalah semacam ini, beberapa individu pekerja dapat menyadari bahwa kepentingan bersama merupakan kepentingan yang harus lebih diutamakan. Namun sebagian yang lain tampaknya susah sekali menekan ego dan bersikera...

Pelatihan Motivasi & Membangun Karakter Bisnis

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif, setiap dan usaha manapun harus dapat mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar yang semakin meningkat. Kita tidak hanya bersaing mengenai harga. Namun kita juga bersaing tentang kualitas dan pelayanan. Oleh karena itu, untuk menciptakan wirausaha tangguh dan mandiri serta yang sadar akan kompetitifnya persaingan maka Disperindagkop & UMKM Banjarnegara mengadakan pelatihan bagi koperasi-koperasi. Disperindagkop Banjarnegara kali ini bermitra dengan Matahati Training & Consulting sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Tampillah Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya dan Audith M. Turmudhi menyampaikan sejumlah materi yang telah tersusun dalam kurikulum tertentu selama 4 hari lamanya. Pelatihan ini diadakan di hotel Surya Yudha Park Banjarnegara. Mau tidak mau kita sebagai pelaku bisnis pada saat ini akan menghadapai sebuah persaingan hebat ke depannya. Kita sebagai pelaku bisnis lokal...

PELATIHAN SUKSES MENDAPATKAN PEKERJAAN IMPIAN

Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian  Dalam rangka mempersiapkan kelulusan jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta, tanggal 26 Maret 2013, diselenggarakanlah sebuah pelatihan yang bertajuk "Job Hunting: Getting to The Great Job." Pelatihan ini dibawakan oleh Motivator &  Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya. Pelatihan ini dikemas dalam in house training selama 3,5 jam efektif yang diikuti oleh  Mahasiswa Jurusan Keibidanan. Dalam pelatihan ini diantaranya dijelaskan mengenai: Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan menjual, apa saja tips dan trik menghadapi tes wawancara dan bagaimana agar kita mendapatkan pekerjaan impian. Lulus dari jenjang perguruan tinggi merupakan dambaan setiap mahasiswa yang telah mencapai semester akhir. Namun impian kamu tentu tidaklah berhenti di situ saja. Setelah satu impian telah berhasil kamu capai, maka sudah barang pasti kamu akan menggapai impian selanjutnya, tentu denga...