Langsung ke konten utama

AMT “from Zero to Hero” PNPM Kulon Progo

Pelatihan dipandu oleh Kiki F. Wijaya

Dalam rangka mengembangkan jiwa dan mental kewirausahaan, serta untuk membekali keterampilan pemasaran, PNPM Mandiri Kulon Progo menyelenggarakan 2 hari pelatihan yang dipandu oleh Matahati Jogja. Pada hari pertama, pelatihan diselenggarakan di  gedung UPK PNPM Kulon Progo dengan materi pelatihan yang bertajuk “Achievement Motivation Training: FROM ZERO TO HERO”. Adapun hari ke-2 pelatihan diadakan di Balai Desa Hargorejo, Kokap, Kulon Pogo dengan materi pelatihan yang bertajuk “Manajemen Pemasaran”. Secara keseluruhan peserta pelatihan setidaknya mencapai 55 peserta.

Dalam pelatihan yang diselenggarakan 1-2 Maret 2013 itu, tampil Kiki F. Wijaya membawakan materi pelatihan dengan gaya serius tapi santai. Karena itulah sepanjang pelatihan para peserta tetap antusias memperhatikan. Selain ceramah interaktif, ia juga menyajikan permainan, simulasi, diskusi. 

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu memunculkan ide usaha bisnis yang prospektif dan profitable. Adapun bagi mereka yang sudah mempunyai usaha, diharapkan agar mereka bisa lebih kreatif dan inovatif sehingga tidak kalah persaingan bahkan usaha mereka dapat terus bertahan di pasaran dan mampu memperoleh omzet yang terus meningkat. Tetapi tidak mudah memang, mengelola sebuah usaha yang baru dibutuhkan ilmu managemen yang cukup memadai. Seorang wirausahawan harus pandai melihat peluang, mempunyai gagasan kreatif dan cemerlang, berjiwa kepemimpinan, tidak mudah meyerah, barani mengambil resiko dengan pertimbangan yang matang dan bermental kewirausahaan.

Selain itu untuk menjadi pebisnis yang handal, seorang  wirausahawan harus mampu mengenali pasar dan konsumennya, mampu bersaing dengan kompetitor lain dan harus terus meningkatkan kepuasan pelanggan. Bukan saja pelanggan eksternal saja, tetapi harus mampu meningkatkan kesejahteraan internal juga.

Teori mengenai kepuasan pelanggan sangat penting bagi pebisnis baru. Karena sejatinya kepuasan pelangganlah yang akan mementukan berkembang tidaknya sebuah usaha. Adapun hal-hal yang dapat mendorong kepuasan pelangan itu bermacam-macam, setidaknya kami sederhanakan mejadi 5 faktor, yaitu:

  1. Faktor Kualitas Produk. Baik produk barang maupun jasa, kuaalitas produk yang baik mempunyai performance yang menarik dan berkesan, aman terpercaya, konsisten dan mempunyai design yang unik.
  2.  Faktor Harga. Harga yang kompetitif tidak harus murah. Boleh saja kita menetapkan harga yang tinggi asal produk kita pun secara kualitas memang sebanding dngan kualias produk yang kita tawarkan.
  3.  Faktor Pelayanan. Pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Sebagaimana filosofi yang serig kita dengar bahwa konsumen adalah raja, maka perlakukan konsumen dengan ramah. Terapkan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Dengan begitu konsumen akan merasa dihargai dan merasa nyaman berhadapan dengana Anda. Setelah itu Anda bisa menganbil hatinya dengan menawarkan manfaat produk yang Anda tawarkan.
  4.  Faktor Emosional. Brand-brand tertentu bagi orang –orang tertentu dapat menimbulkan kepuasan tersendiri. Di sini kita harus mampu memberikan citra yang positif untuk produk yang sedang kita tawarkan.
  5.  Faktor Kemudahan. Selain 4 hal yang telah disebutkan, faktor kemudahan juga sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kemudahan itu misalnya kemudahan dalam hal mendapatkan barang, kemudahan pembayaran, kemudahan mengakses informasi, serta kemudahan penggunanaan dan pemeliharaan barang. 

Taken at UPK PNPM Kulon Progo
Begitu banyak hal harus diperhatikan pada tahap awal pembukaan usaha baru. Seorang wirausahawan dituntut untuk bisa menarik perhatian konsumen, menimbulkan hasrat untuk membeli dan melayani dengan baik demi terciptanya kepuasan pelanggan. Dengan kepuasan ini diharapkan akan ada repeat order atau bahkan melahirkan pelanggan setia yang selalu merindukan  produk kita.

Dengan pembekalan yang telah disampaikan diharapkan para pesera mampu menjadi pelopor dalam kemajuan ekonomi pedesaan di masing-masing wilayahnya. Dengan begitu, roda perekonomian dapat berjalan lancar dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu menciptakan lapangan kerja.

Nah, untuk segenap pembaca yang berminat untuk mengadakan pelatihan, program pengembangan  diri maupun konsultasi, hubungi call center Matahati Training & Consulting yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning Minomartani Sleman Yogyakarta 55581. Telp (0271) 8722014, 3039811 atau 081227782802. E–mail: matahati.jogja@yahoo.co.id.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pelatihan Leadership & Team Work PNPM Banjarnegara

Tuhan menciptakan manusia kemudian diturunkan ke bumi dengan membawa amanah sebagai khalifah. Untuk dapat menjalankan tugas sebagai khalifah/pemimpin itu, Tuhan membekalkan kepada kita sejumlah potensi diantaranya adalah : pertama, potensi akal yang hanya dimiliki oleh manusia. Inilah kelebihan kita sebagai makhluk Tuhan dibandingkan dengan makhluk Tuhan yang lainnya. Kedua, kelengkapan fisik/jasmani yang akan menunjang kelancaran kehidupan dalam mencapai amanah manusia sebagai khalifah. Ketiga, yaitu ruh yang akan menghidupkan jasmani kita. Tiga komponen ini merupakan alat kelengakapan yang akan menunjang manusia dalam mengemban tugasnya sebagai khalifah di bumi. Tiga komponen ini secara fitrah menyukai hal-hal positif dan akan membuahkan prestasi gemilang jika kita dapat memaksimalkannya.

Pelatihan Motivasi & Membangun Karakter Bisnis

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif, setiap dan usaha manapun harus dapat mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar yang semakin meningkat. Kita tidak hanya bersaing mengenai harga. Namun kita juga bersaing tentang kualitas dan pelayanan. Oleh karena itu, untuk menciptakan wirausaha tangguh dan mandiri serta yang sadar akan kompetitifnya persaingan maka Disperindagkop & UMKM Banjarnegara mengadakan pelatihan bagi koperasi-koperasi. Disperindagkop Banjarnegara kali ini bermitra dengan Matahati Training & Consulting sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Tampillah Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya dan Audith M. Turmudhi menyampaikan sejumlah materi yang telah tersusun dalam kurikulum tertentu selama 4 hari lamanya. Pelatihan ini diadakan di hotel Surya Yudha Park Banjarnegara. Mau tidak mau kita sebagai pelaku bisnis pada saat ini akan menghadapai sebuah persaingan hebat ke depannya. Kita sebagai pelaku bisnis lokal...

Pelatihan Manajemen Usaha Disperindag Sleman & Matahati Jogja

Alhamdulillah, untuk ke sekian kalinya, Matahati Jogja dipercaya menjadi mitra Disperindagkop Sleman Yogyakarta dalam Super Motivation Training yang bertajuk "Pelatihan Manajemen Usaha Sektor Industri" . Paling tidak, selama bulan April ini, ada dua kelas yang dilatih. Kelas pertama diselenggarakan pada tanggal 10-12 April 2012 di Desa Sendang Tirto Berbah Sleman Yogyakarta. Sedangkan kelas kedua diselenggarakan pada tanggal 17-19 April 2012 di Desa Kali Tirto Berbah Sleman Yogyakarta. Yang menarik, latar belakang peserta yang mengikuti pelatihan ini sangat berbeda. Pada kelas yang pertama, peserta didominasi oleh para ibu rumah tangga yang mengolah produk makanan berbahan kacang mete. Salah satunya produk andalannya adalah peyek mete. Sementara pada kelas yang kedua, pesertanya berasal dari ibu rumah tangga yang mengolah abon berbahan ikan air tawar, seperti lele, nila, dan lain sebagainya.  Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini terbatas. Hanya 20 orang per kela...