Pelatihan dipandu oleh Kiki F. Wijaya |
Dalam
rangka mengembangkan jiwa dan mental
kewirausahaan, serta untuk membekali
keterampilan pemasaran, PNPM Mandiri Kulon Progo menyelenggarakan 2 hari
pelatihan yang dipandu oleh Matahati Jogja. Pada hari pertama, pelatihan
diselenggarakan di gedung UPK PNPM Kulon
Progo dengan materi pelatihan yang bertajuk “Achievement Motivation Training: FROM ZERO TO HERO”. Adapun hari
ke-2 pelatihan diadakan di Balai Desa Hargorejo, Kokap, Kulon Pogo dengan
materi pelatihan yang bertajuk “Manajemen
Pemasaran”. Secara keseluruhan peserta pelatihan setidaknya mencapai 55
peserta.
Dalam
pelatihan yang diselenggarakan 1-2 Maret 2013 itu, tampil Kiki F. Wijaya membawakan materi pelatihan dengan gaya serius tapi
santai. Karena itulah sepanjang pelatihan para peserta tetap antusias
memperhatikan. Selain ceramah interaktif, ia juga menyajikan permainan,
simulasi, diskusi.
Dengan
adanya pelatihan ini, diharapkan para peserta mampu memunculkan ide usaha bisnis yang prospektif dan profitable.
Adapun bagi mereka yang sudah mempunyai usaha, diharapkan agar mereka bisa
lebih kreatif dan inovatif sehingga tidak
kalah persaingan bahkan usaha mereka dapat terus bertahan di pasaran dan mampu
memperoleh omzet yang terus meningkat. Tetapi tidak mudah memang, mengelola sebuah
usaha yang baru dibutuhkan ilmu managemen yang cukup memadai. Seorang
wirausahawan harus pandai melihat
peluang, mempunyai gagasan kreatif dan cemerlang, berjiwa kepemimpinan, tidak
mudah meyerah, barani mengambil resiko dengan pertimbangan yang matang dan bermental
kewirausahaan.
Selain
itu untuk menjadi pebisnis yang handal, seorang wirausahawan harus mampu mengenali pasar dan konsumennya,
mampu bersaing dengan kompetitor lain dan harus terus meningkatkan kepuasan
pelanggan. Bukan saja pelanggan eksternal saja, tetapi harus mampu meningkatkan
kesejahteraan internal juga.
Teori
mengenai kepuasan pelanggan sangat penting bagi pebisnis baru. Karena sejatinya
kepuasan pelangganlah yang akan mementukan
berkembang tidaknya sebuah usaha. Adapun hal-hal yang dapat mendorong
kepuasan pelangan itu bermacam-macam, setidaknya kami sederhanakan mejadi 5 faktor,
yaitu:
- Faktor Kualitas Produk. Baik produk barang maupun jasa, kuaalitas produk yang baik mempunyai performance yang menarik dan berkesan, aman terpercaya, konsisten dan mempunyai design yang unik.
- Faktor Harga. Harga yang kompetitif tidak harus murah. Boleh saja kita menetapkan harga yang tinggi asal produk kita pun secara kualitas memang sebanding dngan kualias produk yang kita tawarkan.
- Faktor Pelayanan. Pelayanan merupakan hal yang sangat penting dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Sebagaimana filosofi yang serig kita dengar bahwa konsumen adalah raja, maka perlakukan konsumen dengan ramah. Terapkan 5S yaitu senyum, salam, sapa, sopan dan santun. Dengan begitu konsumen akan merasa dihargai dan merasa nyaman berhadapan dengana Anda. Setelah itu Anda bisa menganbil hatinya dengan menawarkan manfaat produk yang Anda tawarkan.
- Faktor Emosional. Brand-brand tertentu bagi orang –orang tertentu dapat menimbulkan kepuasan tersendiri. Di sini kita harus mampu memberikan citra yang positif untuk produk yang sedang kita tawarkan.
- Faktor Kemudahan. Selain 4 hal yang telah disebutkan, faktor kemudahan juga sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kemudahan itu misalnya kemudahan dalam hal mendapatkan barang, kemudahan pembayaran, kemudahan mengakses informasi, serta kemudahan penggunanaan dan pemeliharaan barang.
Begitu
banyak hal harus diperhatikan pada tahap awal pembukaan usaha baru. Seorang
wirausahawan dituntut untuk bisa menarik perhatian konsumen, menimbulkan hasrat
untuk membeli dan melayani dengan baik demi terciptanya kepuasan pelanggan.
Dengan kepuasan ini diharapkan akan ada repeat
order atau bahkan melahirkan pelanggan setia yang selalu merindukan produk kita.
Dengan
pembekalan yang telah disampaikan diharapkan para pesera mampu menjadi pelopor dalam kemajuan ekonomi pedesaan di
masing-masing wilayahnya. Dengan begitu, roda perekonomian dapat berjalan lancar
dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mampu menciptakan
lapangan kerja.
Nah,
untuk segenap pembaca yang berminat untuk mengadakan pelatihan, program
pengembangan diri maupun konsultasi,
hubungi call center Matahati Training
& Consulting yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning
Minomartani Sleman Yogyakarta 55581. Telp (0271) 8722014, 3039811 atau 081227782802.
E–mail: matahati.jogja@yahoo.co.id.
Komentar
Posting Komentar