Langsung ke konten utama

Pelatihan Motivasi & Membangun Karakter Bisnis



Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif, setiap dan usaha manapun harus dapat mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar yang semakin meningkat. Kita tidak hanya bersaing mengenai harga. Namun kita juga bersaing tentang kualitas dan pelayanan. Oleh karena itu, untuk menciptakan wirausaha tangguh dan mandiri serta yang sadar akan kompetitifnya persaingan maka Disperindagkop & UMKM Banjarnegara mengadakan pelatihan bagi koperasi-koperasi. Disperindagkop Banjarnegara kali ini bermitra dengan Matahati Training & Consulting sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Tampillah Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya dan Audith M. Turmudhi menyampaikan sejumlah materi yang telah tersusun dalam kurikulum tertentu selama 4 hari lamanya. Pelatihan ini diadakan di hotel Surya Yudha Park Banjarnegara.


Mau tidak mau kita sebagai pelaku bisnis pada saat ini akan menghadapai sebuah persaingan hebat ke depannya. Kita sebagai pelaku bisnis lokal akan bersaing langsung dengan pebisnis handal kelas dunia yang akan semakin melebarkan sayap bisnisnya. Pebisnis kelas dunia sangat mungkin akan merajai market yang menjadi pelanggan setia kita. Menghadapi hal ini, pebisnis lokal tidak mesti berkecil hati. Kita harus jeli terhadap potensi-potensi dalam diri kita. Potensi apakah yang menjadi keunikan kita sehingga berbeda namun bernilai jual. Berfokus pada keunikan itulah peluang sukses kita. Melejitkan apa yang kita miliki namun tidak dimiliki orang lain.


Sebisa mungkin kita berusaha untuk mengidentikkan diri dan usaha kita karena setiap diri kita terlahir dengan karakter yang berbeda-beda. Jangan pernah berusaha untuk menyamai kehandalan yang sudah menjadi kehandalan pebisnis saingan. Justru kita harus mencari celah kelemahannya untuk kemudian bisa kita jadikan sebagai kekuatan kita. Di samping itu diperlukan beberapa karakter bisnis yang harus tetap kita pegang sebagai syarat keberhasilan bisnis kita. Karakter yang harus ditanamkan kuat sehingga menjadi kepribadian yang mengakar pada diri kita. 


Karakter-karakter bisnis yang diperlukan dalam membangun perkembangan usaha diantaranya:
  1. Disiplin. Disiplin di sini misalnya tepat waktu dan tepat janji.
  2. Mampu memotivasi baik bagi dirinya sendiri, atasan atau bawahannya, maupun rekan-rekan kerjanya.
  3. Memiliki kecerdasan interpersonal yang baik sehingga ia cakap dalam berkomunikasi, pandai bernegosiasi, yang  pada intinya mampu membangun sebuah relasi yang hangat kepada karyawan internal maupun kepada pelanggan eksternal konsumen produk kita.
  4. Kreatif & inovatif dalam hal produk, pelayanan dan mampu melejitkan sesuatu yang khas pada bidang usahanya.
  5. Berorientasi ke depan. Seorang wirausaha yang handal tidak puas dengan apa yang telah diraihnya hari ini tetapi ia selalu berorientasi yang lebih maju untuk bisa lebih mengembangkan usahanya. Ia memiliki visi jauh ke depan. Oleh karena itu ia akan sangat membuka diri untuk perkembangan ilmu dan selalu berusaha mengikuti info perkembangan situasi terbaru. Dari situ ia berfikir akan dapat menemukan peluang baru dalam bisnisnya.
  6. Peka melihat peluang dan mampu memanfaatkanya. 
  7. Berani mengambil resiko diimbangi dengan kemampuan mengukur diri. 
  8. Selalu melakukan evaluasi diri. Ia sangat terbuka atas kritik karena ia sadar bahwa kritik dari oranglain akan menunjukkan kelemahan yang jika dibiarkan akan menjadi sebab menurunnya prestasi usaha kita.
  9. By planner. Ia adalah seseorang yang membuat sketsa sebelum bertindak. Ia tahu apa langkah apa saja yang akan di lakukannya. Ia juga telah mengantisipasi dan membuat alternatif-alternatif plan jika ia mendapati hambatan di dalam perjalanannya.
  10. Bahagia setiap melakukan aktivitas pekerjaannya sehingga ia mampu memaknai apa-apa yang dikerjakannya, tapa kehilangan makna. Dengan begitu ia merasa tidak ada tekanan-tekanan sehingga mampu mengoptimalkan potensi dalam dirinya. Kreativitas akan tertuangkan dan tidak akan merasa habis energy untuk menghasidkan waktu untuk bekerja. 
  11. Market oriented. Ia membuat keputusan-keputusan bisnis berdasarkan riset pasar. Ia selalu berorientasi pada kebutuhan pasar dan memberikan pelayanan seperti harapan pelanggan.
Berkat kerjasama dari berbagai pihak, acara pelatihan alhamdulillah dapat berjalan lancar. Kami ucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara dari Disperindagkop & UMKM Banjarnegara, seluruh peserta, pihak Surya Yudha Park, dan pihak yang tidak kami sebutkan. Persembahan dari Tim Matahati Training & Consulting semoga dapat memacu semangat juang kita untuk mengembangkan perekonomian masyarakat yang lebih baik lagi.

Bagi segenap pembaca yang berminat untuk  mengadakan pelatihan, program pengembangan diri, riset SDM maupun konsultasi dapat hubungi call center Matahati Training & Consulting yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning IV Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta 55581. Telp. 0274-8722014, 3039811, atau 081227782802. Email : matahati.jogja@yahoo.co.id.


Komentar

  1. Kami produsen keripik buah alami beralamat di Jl. turgo, Rt:08 / 06, dusun kratuan, Ngepring, Pakem Sleman. Berharap suatu saat dapat diikut sertakan dalam kegiatan-kegiatan bisnis UKM khususnya yang dilaksanakan oleh pemkab Sleman. nwun. Sebagai tambahan data awal kami www.keripikbuahyogya.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggapai Cita Bersama

Pelatihan The Winning Team "Puskesmas Umbulharjo II" Di dalam kehidupan organisasi kerja, kita sebagai makhluk individu dihadapkan pada kehidupan sosial yang menawarkan banyak sekali perbedaan. Sebagai makhluk individu, masing-masing dari diri kita memiliki nilai, visi, misi dan tujuan. Namun ketika kita memasuki dunia kerja atau dunia sosial, kita dihadapkan pada visi, nilai dan aturan bersama yang mungkin dalam sudut pandangan kita akan menghambat tercapainya visi individu dalam diri kita. Di satu sisi kita ingin memperjuangkan visi hidup kita dengan segera, namun di sisi yang lain pekerjaan menuntut kita untuk kerja profesional, sedangkan untuk bisa kerja profesional, Anda merasa bahwa ada banyak hal yang harus Anda korbankan dari diri Anda. Menyikapi masalah semacam ini, beberapa individu pekerja dapat menyadari bahwa kepentingan bersama merupakan kepentingan yang harus lebih diutamakan. Namun sebagian yang lain tampaknya susah sekali menekan ego dan bersikera...

PELATIHAN SUKSES MENDAPATKAN PEKERJAAN IMPIAN

Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian  Dalam rangka mempersiapkan kelulusan jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta, tanggal 26 Maret 2013, diselenggarakanlah sebuah pelatihan yang bertajuk "Job Hunting: Getting to The Great Job." Pelatihan ini dibawakan oleh Motivator &  Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya. Pelatihan ini dikemas dalam in house training selama 3,5 jam efektif yang diikuti oleh  Mahasiswa Jurusan Keibidanan. Dalam pelatihan ini diantaranya dijelaskan mengenai: Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan menjual, apa saja tips dan trik menghadapi tes wawancara dan bagaimana agar kita mendapatkan pekerjaan impian. Lulus dari jenjang perguruan tinggi merupakan dambaan setiap mahasiswa yang telah mencapai semester akhir. Namun impian kamu tentu tidaklah berhenti di situ saja. Setelah satu impian telah berhasil kamu capai, maka sudah barang pasti kamu akan menggapai impian selanjutnya, tentu denga...