Langsung ke konten utama

Pelatihan Motivasi & Membangun Karakter Bisnis



Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif, setiap dan usaha manapun harus dapat mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar yang semakin meningkat. Kita tidak hanya bersaing mengenai harga. Namun kita juga bersaing tentang kualitas dan pelayanan. Oleh karena itu, untuk menciptakan wirausaha tangguh dan mandiri serta yang sadar akan kompetitifnya persaingan maka Disperindagkop & UMKM Banjarnegara mengadakan pelatihan bagi koperasi-koperasi. Disperindagkop Banjarnegara kali ini bermitra dengan Matahati Training & Consulting sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Tampillah Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya dan Audith M. Turmudhi menyampaikan sejumlah materi yang telah tersusun dalam kurikulum tertentu selama 4 hari lamanya. Pelatihan ini diadakan di hotel Surya Yudha Park Banjarnegara.


Mau tidak mau kita sebagai pelaku bisnis pada saat ini akan menghadapai sebuah persaingan hebat ke depannya. Kita sebagai pelaku bisnis lokal akan bersaing langsung dengan pebisnis handal kelas dunia yang akan semakin melebarkan sayap bisnisnya. Pebisnis kelas dunia sangat mungkin akan merajai market yang menjadi pelanggan setia kita. Menghadapi hal ini, pebisnis lokal tidak mesti berkecil hati. Kita harus jeli terhadap potensi-potensi dalam diri kita. Potensi apakah yang menjadi keunikan kita sehingga berbeda namun bernilai jual. Berfokus pada keunikan itulah peluang sukses kita. Melejitkan apa yang kita miliki namun tidak dimiliki orang lain.


Sebisa mungkin kita berusaha untuk mengidentikkan diri dan usaha kita karena setiap diri kita terlahir dengan karakter yang berbeda-beda. Jangan pernah berusaha untuk menyamai kehandalan yang sudah menjadi kehandalan pebisnis saingan. Justru kita harus mencari celah kelemahannya untuk kemudian bisa kita jadikan sebagai kekuatan kita. Di samping itu diperlukan beberapa karakter bisnis yang harus tetap kita pegang sebagai syarat keberhasilan bisnis kita. Karakter yang harus ditanamkan kuat sehingga menjadi kepribadian yang mengakar pada diri kita. 


Karakter-karakter bisnis yang diperlukan dalam membangun perkembangan usaha diantaranya:
  1. Disiplin. Disiplin di sini misalnya tepat waktu dan tepat janji.
  2. Mampu memotivasi baik bagi dirinya sendiri, atasan atau bawahannya, maupun rekan-rekan kerjanya.
  3. Memiliki kecerdasan interpersonal yang baik sehingga ia cakap dalam berkomunikasi, pandai bernegosiasi, yang  pada intinya mampu membangun sebuah relasi yang hangat kepada karyawan internal maupun kepada pelanggan eksternal konsumen produk kita.
  4. Kreatif & inovatif dalam hal produk, pelayanan dan mampu melejitkan sesuatu yang khas pada bidang usahanya.
  5. Berorientasi ke depan. Seorang wirausaha yang handal tidak puas dengan apa yang telah diraihnya hari ini tetapi ia selalu berorientasi yang lebih maju untuk bisa lebih mengembangkan usahanya. Ia memiliki visi jauh ke depan. Oleh karena itu ia akan sangat membuka diri untuk perkembangan ilmu dan selalu berusaha mengikuti info perkembangan situasi terbaru. Dari situ ia berfikir akan dapat menemukan peluang baru dalam bisnisnya.
  6. Peka melihat peluang dan mampu memanfaatkanya. 
  7. Berani mengambil resiko diimbangi dengan kemampuan mengukur diri. 
  8. Selalu melakukan evaluasi diri. Ia sangat terbuka atas kritik karena ia sadar bahwa kritik dari oranglain akan menunjukkan kelemahan yang jika dibiarkan akan menjadi sebab menurunnya prestasi usaha kita.
  9. By planner. Ia adalah seseorang yang membuat sketsa sebelum bertindak. Ia tahu apa langkah apa saja yang akan di lakukannya. Ia juga telah mengantisipasi dan membuat alternatif-alternatif plan jika ia mendapati hambatan di dalam perjalanannya.
  10. Bahagia setiap melakukan aktivitas pekerjaannya sehingga ia mampu memaknai apa-apa yang dikerjakannya, tapa kehilangan makna. Dengan begitu ia merasa tidak ada tekanan-tekanan sehingga mampu mengoptimalkan potensi dalam dirinya. Kreativitas akan tertuangkan dan tidak akan merasa habis energy untuk menghasidkan waktu untuk bekerja. 
  11. Market oriented. Ia membuat keputusan-keputusan bisnis berdasarkan riset pasar. Ia selalu berorientasi pada kebutuhan pasar dan memberikan pelayanan seperti harapan pelanggan.
Berkat kerjasama dari berbagai pihak, acara pelatihan alhamdulillah dapat berjalan lancar. Kami ucapkan terimakasih kepada panitia penyelenggara dari Disperindagkop & UMKM Banjarnegara, seluruh peserta, pihak Surya Yudha Park, dan pihak yang tidak kami sebutkan. Persembahan dari Tim Matahati Training & Consulting semoga dapat memacu semangat juang kita untuk mengembangkan perekonomian masyarakat yang lebih baik lagi.

Bagi segenap pembaca yang berminat untuk  mengadakan pelatihan, program pengembangan diri, riset SDM maupun konsultasi dapat hubungi call center Matahati Training & Consulting yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning IV Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta 55581. Telp. 0274-8722014, 3039811, atau 081227782802. Email : matahati.jogja@yahoo.co.id.


Komentar

  1. Kami produsen keripik buah alami beralamat di Jl. turgo, Rt:08 / 06, dusun kratuan, Ngepring, Pakem Sleman. Berharap suatu saat dapat diikut sertakan dalam kegiatan-kegiatan bisnis UKM khususnya yang dilaksanakan oleh pemkab Sleman. nwun. Sebagai tambahan data awal kami www.keripikbuahyogya.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

GREAT CHARACTERS : 7 KARAKTER PEMENANG SEJATI (BUKU KE EMPAT KIKI F. WIJAYA : MOTIVATOR JOGJA)

Kalau kita amati dengan lebih teliti, ternyata dalam sejarah peradaban manusia ada orang yang sangat sukses dan ada pula orang yang sukses pada umumnya. Atau dalam redaksi yang berbeda, dalam kehidupan ini ada orang yang mampu mencapai prestasi spektakuler (great achiever) dan ada orang yang hanya mencapai prestasi yang biasa-biasa saja (good achiever) . Di sebut prestasi yang biasa-biasa saja karena kesuksesan tersebut bisa diraih oleh setiap individu jika mereka berusaha dan sungguh-sungguh mengupayakannya. Setiap orang bisa memiliki harta yang berlimpah, karir yang cemerlang atau popularitas yang mempesona. Asalkan orang tersebut mau berusaha, lalu menempa dirinya dengan sungguh-sungguh dan bertekun dengan impiannya itu, maka sukses dalam pengertian tersebut pasti bisa diraihnya. Namun hal ini sangat berbeda dengan orang yang berprestasi luar biasa (great achiver) .  ada tiga hal yang membedakan orang yang berprestasi luar biasa dengan orang-orang yang sukses pada umu

Pelatihan Motivasi "The Power of Dream"

Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Motivasi bersama Akper Notokusumo Yogyakarta Langkah pertama untuk menjemput kesuksesan adalah menetapkan impian . Dengan mempunyai impian, Anda akan tetap bertahan dan terus memperjuangkan impian karena sejatinya impian itu menyimpan kekuatan. Orang yang hidup tanpa impian akan cepat merasa bosan dan mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Singkat kata, impian menyimpan kekuatan yang akan mengaktifkan energi-energi luar biasa manusia. Kekuatan impian itu diantaranya adalah: Impian menunjukkan arah hidup Anda . Impian meningkatkan kekuatan Anda . Jika Anda telah menetapkan impian maka Anda pasti terbayang oleh perasaan nikmatnya mencapai impian itu. Dengan begitu Anda akan terdorong untuk bisa mewujudkan impian itu segera. Impian membantu Anda menentukan prioritas . Dengan impian yang telah Anda tetapkan, Anda akan bisa menentukan hal-hal apa saja yang menjadi prioritas bahkan hal/kegiatan apa yang bisa ditinggalkan. Dengan impian Anda

Outbound Dosen & Karyawan Jurusan Kebidanan UNRIYO

Bersama Respati Raih Prestasi....!!! Pada hari Sabtu, 9 Februari 2013 Matahati Jogja kembali diamanahkan oleh Ketua Jurusan D3 & D4 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta untuk bermitra mengadakan outbound di Desa Wisata Sendang Kumitir Turi Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 50 peserta yang terdiri dari dosen dan karyawan D3 & D4 Jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta. Peserta di area  Permainan Menyeberangi Sungai Dalam kegiatan ini terekam jelas keceriaan para peserta ketika memainkan berbagai permainan yang telah disajikan oleh Matahati Jogja. Pada permulaan acara para peserta mengikuti games raja ratu uhuy, aba-aba terbalik, dan tarian aramsasa. Diikuti dengan permainan step "A" dimana para peserta dituntut untuk berkoordinasi dan bekerjasama memindahkan bola yang telah disediakan dengan metode sedemikian rupa. Selain itu para peserta juga memainkan bakiak dimana di sini kita dapat belajar mengenai kebersama