Langsung ke konten utama

Strategi Menjadi Siswa Unggul & Berprestasi SMP 8 Jogja



Mendengar istilah Ujian Nasional, yang terbayang adalah kondisi yang menegangkan dan menakutkan. Beberapa siswa dengan berbagai karakternya tentu memiliki sikap yang berbeda-beda dalam menghadapi momentum ini. Dalam prakteknya yang  bisa kita lihat melalui surat kabar maupun media elektronik, bervariasi informasi bisa kita peroleh. Bahkan siswa yang menunjukkan prestasi akademik pun tidak lulus pada saat Ujian Nasional. Mengapa demikian? Karena siswa tidak hanya dituntut untuk mampu dalam akademik saja, namun juga harus dipersiapkan mentalnya agar tidak mengalami down saat menghadapi suasana ujian itu. Oleh karenanya, pelatihan motivasi sangat perlu diadakan agar peserta dapat menumbuhkan mental dan meningkatkan motivasi belajarnya.

Dalam rangka  menghadapi momentum Ujian Nasional dan Ujian Sekolah tingkat SMP yang diselenggarakan pada bulan April 2014 mendatang, SMP 8 Yogyakarta mengadakan pelatihan motivasi Seminar Siswa Super “Great Achiever & Smart Learning : Strategi Menjadi Siswa Unggul & Berprestasi.” Pelatihan ini diselenggarakan jauh-jauh hari sebelum hari H pelaksanaan Ujian Nasional agar para siswa mulai mempersiapkan diri sehingga dapat memaksimalkan hasilnya.

Dalam pelatihan ini tampil Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya yang memaparkan berbagai hal yang dapat memotivasi para siswa. Mula-mula para peserta diajak untuk menyadari potensinya. Bahwa kita dilahirkan sebagai pemenang dan banyak potensi dari kita untuk bisa berprestasi hebat. Kita memiliki kesempatan yang sama untuk berprestasi, namun hasilnya nanti akan sangat tergantung dengan cara kita untuk mengupayakannya. Untuk menjadi pelajar yang sukses dalam ujian, siswa sebaiknya bisa belajar mencintai tugas utamanya yaitu belajar dengan rasa penuh bahagia. Mengapa harus bahagia? Karena orang yang merasa bahagia dalam bekerja akan lebih mudah dan cepat menyerap ilmu yang tengah dipelajarinya.

Selama ini mungkin kita memiliki persepsi negatif tentang belajar. Bahkan ada yang menganggap bahwa belajar itu membosankan, membuat mata menjadi minus, membuat stress dan mengurangi teman. Semua itu adalah cara pandang yang keliru. Belajar justru membuat orang semakin percaya diri, mudah bergaul dengan orang lain, membuat kita semakin bijak dan akan melejitkan potensi kita. 

Tahukah Anda, ketika kita belajar, otak kita bekerja. Neuron-neuron di dalam otak kita membentuk koneksi-koneksi. Semakin banyak koneksi neuron di dalam otak itu semakin besarlah tingkat kecerdasan kita. Belajar sangat berguna dan membuat otak kita semakin produktif dalam memecahkan masalah, termasuk dalam memecahkan soal di dalam Ujian Nasional maupun Ujian Sekolah.

Dalam penyampaian motivasinya, Kiki F. Wijaya juga membagikan kunci sukses belajar. Dengan menggunakan kuisioner para siswa pun diajak untuk melihat ke dalam dirinya mengenai gaya belajar yang dominan pada dirinya masing-masing. Dengan begitu diharapkan para siswa akan belajar dengan metode yang sesuai dengan tipe gaya belajarnya, sehingga akan dapat membantu mengefektifkan cara belajarnya. 


Akhirnya tim Matahati Jogja mengucapkan terima kasih kepada Ibu Sri dan Ibu Widi serta seluruh peserta dalam pelatihan ini. Jika segenap pembaca berminat untuk mengadakan pelatihan motivasi, outbond, riset SDM, program pengembangan diri, maupun konsultasi dapat menghubungi call center Matahati Jogja yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning IV Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta 55581. Telp. 0274-8722014, 3039811 atau 081227782802. E-mail : matahati,jogja@yahoo.co.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GREAT CHARACTERS : 7 KARAKTER PEMENANG SEJATI (BUKU KE EMPAT KIKI F. WIJAYA : MOTIVATOR JOGJA)

Kalau kita amati dengan lebih teliti, ternyata dalam sejarah peradaban manusia ada orang yang sangat sukses dan ada pula orang yang sukses pada umumnya. Atau dalam redaksi yang berbeda, dalam kehidupan ini ada orang yang mampu mencapai prestasi spektakuler (great achiever) dan ada orang yang hanya mencapai prestasi yang biasa-biasa saja (good achiever) . Di sebut prestasi yang biasa-biasa saja karena kesuksesan tersebut bisa diraih oleh setiap individu jika mereka berusaha dan sungguh-sungguh mengupayakannya. Setiap orang bisa memiliki harta yang berlimpah, karir yang cemerlang atau popularitas yang mempesona. Asalkan orang tersebut mau berusaha, lalu menempa dirinya dengan sungguh-sungguh dan bertekun dengan impiannya itu, maka sukses dalam pengertian tersebut pasti bisa diraihnya. Namun hal ini sangat berbeda dengan orang yang berprestasi luar biasa (great achiver) .  ada tiga hal yang membedakan orang yang berprestasi luar biasa dengan orang-orang yang sukses pada umu

Pelatihan Motivasi "The Power of Dream"

Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Motivasi bersama Akper Notokusumo Yogyakarta Langkah pertama untuk menjemput kesuksesan adalah menetapkan impian . Dengan mempunyai impian, Anda akan tetap bertahan dan terus memperjuangkan impian karena sejatinya impian itu menyimpan kekuatan. Orang yang hidup tanpa impian akan cepat merasa bosan dan mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Singkat kata, impian menyimpan kekuatan yang akan mengaktifkan energi-energi luar biasa manusia. Kekuatan impian itu diantaranya adalah: Impian menunjukkan arah hidup Anda . Impian meningkatkan kekuatan Anda . Jika Anda telah menetapkan impian maka Anda pasti terbayang oleh perasaan nikmatnya mencapai impian itu. Dengan begitu Anda akan terdorong untuk bisa mewujudkan impian itu segera. Impian membantu Anda menentukan prioritas . Dengan impian yang telah Anda tetapkan, Anda akan bisa menentukan hal-hal apa saja yang menjadi prioritas bahkan hal/kegiatan apa yang bisa ditinggalkan. Dengan impian Anda

Outbound Dosen & Karyawan Jurusan Kebidanan UNRIYO

Bersama Respati Raih Prestasi....!!! Pada hari Sabtu, 9 Februari 2013 Matahati Jogja kembali diamanahkan oleh Ketua Jurusan D3 & D4 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta untuk bermitra mengadakan outbound di Desa Wisata Sendang Kumitir Turi Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 50 peserta yang terdiri dari dosen dan karyawan D3 & D4 Jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta. Peserta di area  Permainan Menyeberangi Sungai Dalam kegiatan ini terekam jelas keceriaan para peserta ketika memainkan berbagai permainan yang telah disajikan oleh Matahati Jogja. Pada permulaan acara para peserta mengikuti games raja ratu uhuy, aba-aba terbalik, dan tarian aramsasa. Diikuti dengan permainan step "A" dimana para peserta dituntut untuk berkoordinasi dan bekerjasama memindahkan bola yang telah disediakan dengan metode sedemikian rupa. Selain itu para peserta juga memainkan bakiak dimana di sini kita dapat belajar mengenai kebersama