Langsung ke konten utama

CERDAS MENGELOLA STRESS DI TEMPAT KERJA



Pernahkah Anda mengalami suatu kondisi dimana Anda ingin berhenti dari keadaan yang tengah Anda jalani? Atau Anda merasa frustasi dan ingin berhenti dari pekerjaan Anda sekarang ini? Mungkin Anda merasa tak mampu menghadapi tekanan pekerjaan ataupun merasa tidak nyaman dengan pekerjaan.

Boleh jadi itu adalah dampak stress kerja. Hampir setiap orang yang bekerja dipastikan pernah mengalami stress kerja. Stress kerja ini tentu berbeda-beda tingkatannya, bergantung pada besarnya pemicu stress ataupun tergantung pada kemampuan seseorang untuk mengelola stress itu sendiri. Untuk mengelola stress ini, diperlukan cara-cara yang cantik agar kita tidak terjebak ke dalam stress yang dalam.

Pertama-tama kita harus tahu dan mengenali berbagai sumber stress di tempat kerja. Di tempat kerja, yang sering menjadi pemicu stress adalah pekerjaan itu sendiri. Tuntutan kerja yang tidak seimbang dengan energi maupun kemampuan kita tentu akan membuat kita ketimpangan. Lingkungan fisik dan keamanan kerja bisa jadi juga memunculkan pemicu stress. Misalnya saja terlalu bising, penerangan yang kurang ataupun ruangan kerja yang berantakan. Selain itu hubungan kerja yang tidak sehat seperti adanya perasaan iri atau dengki antarkaryawan akan sangat membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman. Sistem penggajian juga bisa saja menyebabkan seseorang merasa stress dan ingin rasanya berhenti dari pekerjaan.

Untuk mengelola stress ini, diperlukan cara-cara yang cantik agar kita tidak terjatuh ke dalam stress yang dalam. Pertama, cobalah tengok cara Anda mengatur waktu. Dalam dunia kerja, tentu kita memiliki sejumlah agenda atau tugas, ada yang sifatnya mendesak sampai tidak mendesak, lalu ada juga yang sifatnya penting sampai tidak penting. Terkadang kita kurang bijak dalam menggunakan waktu ini, sehingga kita salah menempatkan prioritas kerja. Dampaknya dikejar dead line, pekerjaan menumpuk dan bingung dari mana dulu harus dimulai. Agar Anda bisa mengatur awaktu dengan baik, Anda perlu menyusun sebuah rencana mingguan kerja.

Kedua, bersikaplah assertif terhadap rencana yang telah Anda  susun.

Ketiga, kelola diri Anda menjadi pribadi yang tangguh. Tentu untuk menjadi tangguh ini, Anda perlu terus meng-update ilmu, mencari pengalaman baru dan ikutlah aktif dalam kehidupan bersosial. Dengan begitu Anda akan melihat dunia yang lebih luas bahwa tidak semua stress itu berdampak buruk bagi Anda.

Keempat, kendalikan keinginan diri. Kadangkala stress bermula dari keinginan kita yang terlalu muluk. Karena terlalu muluk itu, akibatnya tidak cepat sampai. Bagi orang yang tidak bisa konsisten, sangat mungkin ia akan merasa lelah dan menyerah di tengah jalan. Itulah mengapa sebaiknya kita mengendalikan diri agar tidak berandai-andai pada impian yang mustahil dicapai. Tetapi tetapkanlah cita-cita dengan tetap melihat apakah itu realistis dapat tercapai.

Selanjutnya untuk cerdas mengalami stress, berlatihlah mengelola emosi. Terkadang pemicu stress diinterpretasikan berlebihan yang menyebabkan kita merasa frustasi yang berlebihan. Ada tipe orang yang mudah marah, ada tipe orang yang mudah sedih, dan ada juga tipe orang yang mudah takut. Selama ini banyak orang awam memahami bahwa yang dimaksud emosi itu hanya pada batas marah, lupa bahwa perasaan sedih dan takut juga merupakan emosi dasar kita sebagai manusia. 

Demikianlah sedikit uraian yang disampaikan oleh Motivator & Master pengembangan Diri Kiki F. Wijaya dalam pelatihan yang diikuti oleh para karyawan MEP UGM. Pelatihan ini diselenggarakan pada hari Jum’at 13 Desember 2013 di gedung MEP UGM yang diikuti oleh kurang lebih sebanyak 27 peserta.

Jika segenap pembaca berminat untuk mengadakan pelatihan motivasi, program pengembangan diri, riset SDM, outbond maupun konsultasi dapat menghubungi call center Matahati Jogja yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning IV Minomartani Ngaglik Sleman Yogyakarta 55581. Telp. 0274-8722014, 3039811 atau 081227782802. E-mail ; matahati.jogja@yahoo.co.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggapai Cita Bersama

Pelatihan The Winning Team "Puskesmas Umbulharjo II" Di dalam kehidupan organisasi kerja, kita sebagai makhluk individu dihadapkan pada kehidupan sosial yang menawarkan banyak sekali perbedaan. Sebagai makhluk individu, masing-masing dari diri kita memiliki nilai, visi, misi dan tujuan. Namun ketika kita memasuki dunia kerja atau dunia sosial, kita dihadapkan pada visi, nilai dan aturan bersama yang mungkin dalam sudut pandangan kita akan menghambat tercapainya visi individu dalam diri kita. Di satu sisi kita ingin memperjuangkan visi hidup kita dengan segera, namun di sisi yang lain pekerjaan menuntut kita untuk kerja profesional, sedangkan untuk bisa kerja profesional, Anda merasa bahwa ada banyak hal yang harus Anda korbankan dari diri Anda. Menyikapi masalah semacam ini, beberapa individu pekerja dapat menyadari bahwa kepentingan bersama merupakan kepentingan yang harus lebih diutamakan. Namun sebagian yang lain tampaknya susah sekali menekan ego dan bersikera...

Pelatihan Motivasi & Membangun Karakter Bisnis

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif, setiap dan usaha manapun harus dapat mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar yang semakin meningkat. Kita tidak hanya bersaing mengenai harga. Namun kita juga bersaing tentang kualitas dan pelayanan. Oleh karena itu, untuk menciptakan wirausaha tangguh dan mandiri serta yang sadar akan kompetitifnya persaingan maka Disperindagkop & UMKM Banjarnegara mengadakan pelatihan bagi koperasi-koperasi. Disperindagkop Banjarnegara kali ini bermitra dengan Matahati Training & Consulting sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Tampillah Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya dan Audith M. Turmudhi menyampaikan sejumlah materi yang telah tersusun dalam kurikulum tertentu selama 4 hari lamanya. Pelatihan ini diadakan di hotel Surya Yudha Park Banjarnegara. Mau tidak mau kita sebagai pelaku bisnis pada saat ini akan menghadapai sebuah persaingan hebat ke depannya. Kita sebagai pelaku bisnis lokal...

PELATIHAN SUKSES MENDAPATKAN PEKERJAAN IMPIAN

Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian  Dalam rangka mempersiapkan kelulusan jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta, tanggal 26 Maret 2013, diselenggarakanlah sebuah pelatihan yang bertajuk "Job Hunting: Getting to The Great Job." Pelatihan ini dibawakan oleh Motivator &  Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya. Pelatihan ini dikemas dalam in house training selama 3,5 jam efektif yang diikuti oleh  Mahasiswa Jurusan Keibidanan. Dalam pelatihan ini diantaranya dijelaskan mengenai: Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan menjual, apa saja tips dan trik menghadapi tes wawancara dan bagaimana agar kita mendapatkan pekerjaan impian. Lulus dari jenjang perguruan tinggi merupakan dambaan setiap mahasiswa yang telah mencapai semester akhir. Namun impian kamu tentu tidaklah berhenti di situ saja. Setelah satu impian telah berhasil kamu capai, maka sudah barang pasti kamu akan menggapai impian selanjutnya, tentu denga...