Langsung ke konten utama

PELATIHAN SUKSES MENDAPATKAN PEKERJAAN IMPIAN


Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian 
Dalam rangka mempersiapkan kelulusan jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta, tanggal 26 Maret 2013, diselenggarakanlah sebuah pelatihan yang bertajuk "Job Hunting: Getting to The Great Job." Pelatihan ini dibawakan oleh Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya. Pelatihan ini dikemas dalam in house training selama 3,5 jam efektif yang diikuti oleh  Mahasiswa Jurusan Keibidanan. Dalam pelatihan ini diantaranya dijelaskan mengenai: Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan menjual, apa saja tips dan trik menghadapi tes wawancara dan bagaimana agar kita mendapatkan pekerjaan impian.

Lulus dari jenjang perguruan tinggi merupakan dambaan setiap mahasiswa yang telah mencapai semester akhir. Namun impian kamu tentu tidaklah berhenti di situ saja. Setelah satu impian telah berhasil kamu capai, maka sudah barang pasti kamu akan menggapai impian selanjutnya, tentu dengan kualitas pencapaian yang lebih dahsyat daripada tingkat pencapaian yang sebelumnya.

Belum juga lulus, namun mahasiswa semestinya memikirkan bagaimana nasibnya memasuki aktivitas sehari-harinya selepas menjadi seorang aktivis mahasiswa. Sebagian khawatir, gelisah, gundah gulana. Dan di sini diperlukan kemampuan dimana kamu harus bisa melihat secara proporsional antara realita (kemampuan dan skill kamu) dengan impian yang ingin kamu capai. Mematok target terlau rendah sama halnya dengan membatasi potensial kehebatan kamu. Namun menggantungkan mimpi yang terlalu tinggi kerap kali justru membuat kamu frustasi karena tidak jarang di tengah perjalanan memutuskan untuk berhenti, merasa bahwa impian kamu terlalu lama untuk bisa diwujudkan atau mungkin kamu terjebak dalam kejenuhan.
Simulasi Tes Wawancara dalam Mlamar Kerja

Lalu bagaimana langkah bijak yang seharusnya kita ambil dalam usaha sukses mendapatkan pekerjaan impian?

1. Tentukan pekerjaan impan kamu berdasar bakat, minat potensi dan keahlianmu.
Jika kamu telah menemukan passion pada satu impian, maka yakinlah bahwa kamu akan dapat menjalaninya dengan penuh kebermaknaan. Perasaan bahagia akan menjadi menu keseharian dalam aktivitas kamu. Karena rasa bahagia itu kamu aka merasakan kebahagaiaan bekerja dan akan sangat dijauhkan dengan virus kebosanan. Kamu justru akan semakin enjoy karena merasa klop dengan pekerjaan dan selain itu kamu juga akan merasakan adanya satu ketersambungan antarkaryawan.

2. Mencari info lowongan kerja dan mengirimkan surat lamaran sesuai dengan kaidah yang baik.
Info lowongan kerja bisa didapat dari iklan lowongan di koran, dari teman, maupun dari sitis-situs internet. Adapun surat lamaran yang baik harus good loooking, good quality, smart and creatif, bersifat persuasif dan sertakan foto terbaru yang menarik.

3. Cerdaslah dalam mengikuti tes seleksi karyawan.
Seleksi yang umum digunakan dalam perekrutan karyawan misalnya: tes tertulis (mengenai pengetahuan umum dan bidang kehian), psikotes, tes praktek dan interview atau wawancara.

Bagi mahasiswa yang belum pernah melamar kerja, tentu hal ini adalah hal baru yang harus dipelajari. Hal ini karena menghadapi tes seleksi karyawan harus hati-hati. Tidak jarang penilaian itu justru dilihat dari hal kecil yang tiada sadar ternyata hal sepele itu menjadi titik penilaian. Oleh karenanya, seorang pelamar kerja yang hendak dipanggil untuk mengikuti tes wawancara setidaknya harus memperhatikan kriteria seperti:

1. Usahakan untuk datang 15 menit sebelum tes wawancara dimulai.
2. Kenakanlah baju sopan dan tampilkan diri kamu dengan rapi dan elegan supaya enak dipandang.
3. Gunakan aksesori bisnis seperlunya.
4.  Berjalanlah layaknya orang yang berwibawa.
5. Senyumlah dan tunjukkan mata yang berbinar-binar.
6. Jabat tangan interviewer dengan gaya jabatan yang semestinya
7. Jujurlah dan tunjukkan rasa optimis ketika menjawab pertanyaan dari seorang interviewer
8. Jawablah pertanyaan dengan tenang dan eye contact menatap lembut mata lawan bicara
9. Tetap rileks selama berwawancara dan tetap menjaga bahasa tubuh Anda.
10. Jawablah pertanyaan dengan prinsip KISS (Keep in short and simple) tetapi  mengena. Jawaban yang terlalu panjang bertele-tele akan memakan banyak waktu.

Nah semoga tips di atas bisa membantu temen-temen yang pengin mendapatka pekerjaan impian. Okeylah.. Bagi teman-teman yang yang berminat untuk mengadakan pelatihan, program pengembangan diri, riset SDM maupun konsultasi bisa menghubungi call center MATAHATI JOGJA yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning IV Minomartani sleman Yogyakarta 55581. Telp (0274) 8722014, 3039811 atau 081227782801. E-mail: matahati.jogja@yahoo.co.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggapai Cita Bersama

Pelatihan The Winning Team "Puskesmas Umbulharjo II" Di dalam kehidupan organisasi kerja, kita sebagai makhluk individu dihadapkan pada kehidupan sosial yang menawarkan banyak sekali perbedaan. Sebagai makhluk individu, masing-masing dari diri kita memiliki nilai, visi, misi dan tujuan. Namun ketika kita memasuki dunia kerja atau dunia sosial, kita dihadapkan pada visi, nilai dan aturan bersama yang mungkin dalam sudut pandangan kita akan menghambat tercapainya visi individu dalam diri kita. Di satu sisi kita ingin memperjuangkan visi hidup kita dengan segera, namun di sisi yang lain pekerjaan menuntut kita untuk kerja profesional, sedangkan untuk bisa kerja profesional, Anda merasa bahwa ada banyak hal yang harus Anda korbankan dari diri Anda. Menyikapi masalah semacam ini, beberapa individu pekerja dapat menyadari bahwa kepentingan bersama merupakan kepentingan yang harus lebih diutamakan. Namun sebagian yang lain tampaknya susah sekali menekan ego dan bersikera...

Pelatihan Motivasi & Membangun Karakter Bisnis

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif, setiap dan usaha manapun harus dapat mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar yang semakin meningkat. Kita tidak hanya bersaing mengenai harga. Namun kita juga bersaing tentang kualitas dan pelayanan. Oleh karena itu, untuk menciptakan wirausaha tangguh dan mandiri serta yang sadar akan kompetitifnya persaingan maka Disperindagkop & UMKM Banjarnegara mengadakan pelatihan bagi koperasi-koperasi. Disperindagkop Banjarnegara kali ini bermitra dengan Matahati Training & Consulting sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Tampillah Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya dan Audith M. Turmudhi menyampaikan sejumlah materi yang telah tersusun dalam kurikulum tertentu selama 4 hari lamanya. Pelatihan ini diadakan di hotel Surya Yudha Park Banjarnegara. Mau tidak mau kita sebagai pelaku bisnis pada saat ini akan menghadapai sebuah persaingan hebat ke depannya. Kita sebagai pelaku bisnis lokal...