Langsung ke konten utama

PELATIHAN SUKSES MENDAPATKAN PEKERJAAN IMPIAN


Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian 
Dalam rangka mempersiapkan kelulusan jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta, tanggal 26 Maret 2013, diselenggarakanlah sebuah pelatihan yang bertajuk "Job Hunting: Getting to The Great Job." Pelatihan ini dibawakan oleh Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya. Pelatihan ini dikemas dalam in house training selama 3,5 jam efektif yang diikuti oleh  Mahasiswa Jurusan Keibidanan. Dalam pelatihan ini diantaranya dijelaskan mengenai: Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan menjual, apa saja tips dan trik menghadapi tes wawancara dan bagaimana agar kita mendapatkan pekerjaan impian.

Lulus dari jenjang perguruan tinggi merupakan dambaan setiap mahasiswa yang telah mencapai semester akhir. Namun impian kamu tentu tidaklah berhenti di situ saja. Setelah satu impian telah berhasil kamu capai, maka sudah barang pasti kamu akan menggapai impian selanjutnya, tentu dengan kualitas pencapaian yang lebih dahsyat daripada tingkat pencapaian yang sebelumnya.

Belum juga lulus, namun mahasiswa semestinya memikirkan bagaimana nasibnya memasuki aktivitas sehari-harinya selepas menjadi seorang aktivis mahasiswa. Sebagian khawatir, gelisah, gundah gulana. Dan di sini diperlukan kemampuan dimana kamu harus bisa melihat secara proporsional antara realita (kemampuan dan skill kamu) dengan impian yang ingin kamu capai. Mematok target terlau rendah sama halnya dengan membatasi potensial kehebatan kamu. Namun menggantungkan mimpi yang terlalu tinggi kerap kali justru membuat kamu frustasi karena tidak jarang di tengah perjalanan memutuskan untuk berhenti, merasa bahwa impian kamu terlalu lama untuk bisa diwujudkan atau mungkin kamu terjebak dalam kejenuhan.
Simulasi Tes Wawancara dalam Mlamar Kerja

Lalu bagaimana langkah bijak yang seharusnya kita ambil dalam usaha sukses mendapatkan pekerjaan impian?

1. Tentukan pekerjaan impan kamu berdasar bakat, minat potensi dan keahlianmu.
Jika kamu telah menemukan passion pada satu impian, maka yakinlah bahwa kamu akan dapat menjalaninya dengan penuh kebermaknaan. Perasaan bahagia akan menjadi menu keseharian dalam aktivitas kamu. Karena rasa bahagia itu kamu aka merasakan kebahagaiaan bekerja dan akan sangat dijauhkan dengan virus kebosanan. Kamu justru akan semakin enjoy karena merasa klop dengan pekerjaan dan selain itu kamu juga akan merasakan adanya satu ketersambungan antarkaryawan.

2. Mencari info lowongan kerja dan mengirimkan surat lamaran sesuai dengan kaidah yang baik.
Info lowongan kerja bisa didapat dari iklan lowongan di koran, dari teman, maupun dari sitis-situs internet. Adapun surat lamaran yang baik harus good loooking, good quality, smart and creatif, bersifat persuasif dan sertakan foto terbaru yang menarik.

3. Cerdaslah dalam mengikuti tes seleksi karyawan.
Seleksi yang umum digunakan dalam perekrutan karyawan misalnya: tes tertulis (mengenai pengetahuan umum dan bidang kehian), psikotes, tes praktek dan interview atau wawancara.

Bagi mahasiswa yang belum pernah melamar kerja, tentu hal ini adalah hal baru yang harus dipelajari. Hal ini karena menghadapi tes seleksi karyawan harus hati-hati. Tidak jarang penilaian itu justru dilihat dari hal kecil yang tiada sadar ternyata hal sepele itu menjadi titik penilaian. Oleh karenanya, seorang pelamar kerja yang hendak dipanggil untuk mengikuti tes wawancara setidaknya harus memperhatikan kriteria seperti:

1. Usahakan untuk datang 15 menit sebelum tes wawancara dimulai.
2. Kenakanlah baju sopan dan tampilkan diri kamu dengan rapi dan elegan supaya enak dipandang.
3. Gunakan aksesori bisnis seperlunya.
4.  Berjalanlah layaknya orang yang berwibawa.
5. Senyumlah dan tunjukkan mata yang berbinar-binar.
6. Jabat tangan interviewer dengan gaya jabatan yang semestinya
7. Jujurlah dan tunjukkan rasa optimis ketika menjawab pertanyaan dari seorang interviewer
8. Jawablah pertanyaan dengan tenang dan eye contact menatap lembut mata lawan bicara
9. Tetap rileks selama berwawancara dan tetap menjaga bahasa tubuh Anda.
10. Jawablah pertanyaan dengan prinsip KISS (Keep in short and simple) tetapi  mengena. Jawaban yang terlalu panjang bertele-tele akan memakan banyak waktu.

Nah semoga tips di atas bisa membantu temen-temen yang pengin mendapatka pekerjaan impian. Okeylah.. Bagi teman-teman yang yang berminat untuk mengadakan pelatihan, program pengembangan diri, riset SDM maupun konsultasi bisa menghubungi call center MATAHATI JOGJA yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning IV Minomartani sleman Yogyakarta 55581. Telp (0274) 8722014, 3039811 atau 081227782801. E-mail: matahati.jogja@yahoo.co.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GREAT CHARACTERS : 7 KARAKTER PEMENANG SEJATI (BUKU KE EMPAT KIKI F. WIJAYA : MOTIVATOR JOGJA)

Kalau kita amati dengan lebih teliti, ternyata dalam sejarah peradaban manusia ada orang yang sangat sukses dan ada pula orang yang sukses pada umumnya. Atau dalam redaksi yang berbeda, dalam kehidupan ini ada orang yang mampu mencapai prestasi spektakuler (great achiever) dan ada orang yang hanya mencapai prestasi yang biasa-biasa saja (good achiever) . Di sebut prestasi yang biasa-biasa saja karena kesuksesan tersebut bisa diraih oleh setiap individu jika mereka berusaha dan sungguh-sungguh mengupayakannya. Setiap orang bisa memiliki harta yang berlimpah, karir yang cemerlang atau popularitas yang mempesona. Asalkan orang tersebut mau berusaha, lalu menempa dirinya dengan sungguh-sungguh dan bertekun dengan impiannya itu, maka sukses dalam pengertian tersebut pasti bisa diraihnya. Namun hal ini sangat berbeda dengan orang yang berprestasi luar biasa (great achiver) .  ada tiga hal yang membedakan orang yang berprestasi luar biasa dengan orang-orang yang sukses pada umu

Pelatihan Motivasi "The Power of Dream"

Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Motivasi bersama Akper Notokusumo Yogyakarta Langkah pertama untuk menjemput kesuksesan adalah menetapkan impian . Dengan mempunyai impian, Anda akan tetap bertahan dan terus memperjuangkan impian karena sejatinya impian itu menyimpan kekuatan. Orang yang hidup tanpa impian akan cepat merasa bosan dan mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Singkat kata, impian menyimpan kekuatan yang akan mengaktifkan energi-energi luar biasa manusia. Kekuatan impian itu diantaranya adalah: Impian menunjukkan arah hidup Anda . Impian meningkatkan kekuatan Anda . Jika Anda telah menetapkan impian maka Anda pasti terbayang oleh perasaan nikmatnya mencapai impian itu. Dengan begitu Anda akan terdorong untuk bisa mewujudkan impian itu segera. Impian membantu Anda menentukan prioritas . Dengan impian yang telah Anda tetapkan, Anda akan bisa menentukan hal-hal apa saja yang menjadi prioritas bahkan hal/kegiatan apa yang bisa ditinggalkan. Dengan impian Anda

Outbound Dosen & Karyawan Jurusan Kebidanan UNRIYO

Bersama Respati Raih Prestasi....!!! Pada hari Sabtu, 9 Februari 2013 Matahati Jogja kembali diamanahkan oleh Ketua Jurusan D3 & D4 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta untuk bermitra mengadakan outbound di Desa Wisata Sendang Kumitir Turi Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 50 peserta yang terdiri dari dosen dan karyawan D3 & D4 Jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta. Peserta di area  Permainan Menyeberangi Sungai Dalam kegiatan ini terekam jelas keceriaan para peserta ketika memainkan berbagai permainan yang telah disajikan oleh Matahati Jogja. Pada permulaan acara para peserta mengikuti games raja ratu uhuy, aba-aba terbalik, dan tarian aramsasa. Diikuti dengan permainan step "A" dimana para peserta dituntut untuk berkoordinasi dan bekerjasama memindahkan bola yang telah disediakan dengan metode sedemikian rupa. Selain itu para peserta juga memainkan bakiak dimana di sini kita dapat belajar mengenai kebersama