Keberhasilan seorang pemimpin
bukan sebatas kemampuannya dalam mempengaruhi pengikutnya saja. Melainkan,
keberhasilan pemimpian adalah keberhasilannya dalam mencetak pemimpin generasi
yang lebih baik.
Dalam dunia usaha, peran pemimpin
mempunyai posisi strategis. Oleh karena itu menjadi pemimpin (leader) harus
mampu memainkan peran managerial, mampu memotivasi, bijak dan mampu menjadi
problem solver. Orang yang menjadi pemimpin dalam perusahaan / badan usaha
harus memiliki pribadi ideal, fleksibel dan mampu berfikir kritis, cerdas, dan
cepat.
Sehubungan dengan peningkatan
soft skill para manager Koperasi dan BMT di Yogyakarta, pada tanggal 29 April
2013 Disperindagkop Yogyakarta menyelenggarakan sebuah pelatihan. Pelatihan
yang diadakan bekerjasama dengan Matahati Training & Consulting itu
berlangsung dengan suasana penuh antusias dari para peserta. Pada kesempatan
itu tampil Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya membawakan
sebuah materi pelatihan yang bertajuk “Great Leader for Manager”. Pelatihan ini
diikuti oleh 80 manajer Koperasi & BMT yang tersebar di Yogyakarta.
Sikap personal seorang pemimpin
harus memenuhi kriteria ideal personal diantaranya:
- Mempunyai integritas. Artinya pemimpin harus mampu satu kata dengan perbuatannya. Adapun komponen integritas yaitu adanya konsistensi, tangung jawab, kejujuran interpersonal maupun kejujuran intra personal. Ketika seorang pemimpin telah memiliki integritas yang kuat, maka ia akan sangat patut diteladani dan akan menimbulkan rasa hormat dan segan dari para karyawannya.
- Mempunyai kompetensi dalam bidang
kepemimpinan dan mengenal lingkungan. Selain seorang pemimpin yang baik
seharusnya mengerti betul tentang kondisi dan latar belakang masing-masing
karyawannya.
- Mampu menginspirasi. Artinya
seorang pemimpin mesti mampu menginspirasi diri dan mampu menginspirasi orang
lain di sekitarnya.
- Berwawasan luas dan bermanfaat.
Tidak rampung di situ
saja,seorang pemimpin yang handal mempunyai karakter-karakter penunjang intra
personal, seperti:
- Keakraban. Seorang manajer harus mampu menciptakan sebuah suasana kerja yang nyaman, bersahabat kepada karyawan.
-
Kepercayaan. Seorang manajer mendelegasikan tugas kepada bawahannya dan meletakkan kepercayaan kepada bawahannya yang memang compatible untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskannya.
-
KepercayaanSeorang manajer mendelegasikan tugas kepada bawahannya dan meletakkan kepercayaan kepada bawahannya yang memang compatible untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskannya.
-
KepercayaanSeorang manajer mendelegasikan tugas kepada bawahannya dan meletakkan kepercayaan kepada bawahannya yang memang compatible untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskannya.
Setelah manajer mempunyai
kecakapan interpersonal dan intra personal, maka seorang manajer juga harus
mampu menyelaraskan segala kondisi yang ada di dalam lingkungan kerja. Baik
penyelerasan dalam bidang personal, tugas maupun sistem.
Jika segenap pembaca berminat
untuk mengadakan pelatihan, program pengembangan diri, riset SDM maupun
konsultasi hubungi call center Matahati Training & Consulting yang
beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning IV Minomartani Ngaglik Sleman
Yogyakarta 55581. Telp. 0274-8722014, 3039811 atau 081227782802. E-mail:
matahati.jogja@yahoo.co.id.
Komentar
Posting Komentar