Langsung ke konten utama

Strategi Team Work Bank Madina Syariah



Stretegi team work merupakan kunci untuk mencetak prestasi sebuah tim. Berbagai cara dilakukan oleh organisasi tim. Salah satunya adalah BPRS Madina Syariah Bantul Yogyakarta. Bekerjasama dengan Matahati training & Consulting pada tanggal 10 Mei 2013 diselenggarakanlah sebuah pelatihan untuk berlatih koordinasi. Pelatihan ini dipandu langsung oleh Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya. Sebanyak 20 peserta diajak bermain dalam fun games yang selanjutnya dari permainan itu dapat disimpulkan berbagai pelajaran yang berkaitan dengan strategi team work. Pelatihan itu berdurasi satu hari yang dilangsungkan di Desa Wisata Sendang Kumitir, Turi, Sleman, Yogyakarta. 


Salah satu factor yang mempengaruhi proses pencapaian misi bersama dalam suatu team organisasi adalah kemampuan setiap orang dalam menjalankan masing-masing perannya. Dalam organisasi kita mengenal visi, misi, strategi, dan dan job deskripsi masing-masing profesi. Setiap profesi membutuhkan individu professional yang ahli. Inilah mengapa dalam ilmu manajemen disebutkan bahwa salah satu prinsip manajemen adalah right man on the right place. Penempatan posisi profesi seseorang harus disesuaikan dengan keahlian yang dimiliki sehingga tugas yang didelegasikan kepadanya dapat diselesaikan dengan cepat dan tepat. Maka penempatan seseorang yang tidak sesuai dengan keahliannya akan mengakibatkan ketidakefektifan pencapaian visi dan misi tim karena tugas yang didelegasikan kepada seseorang itu akan cenderung lebih lama diselesaikan bahkan masih diragukan ketepatannya. 


Seorang professional tidak hanya ahli di bidangnya saja, melainkan ia juga memiliki daya inovasi yang tinggi dan selalu berusaha mengembangkan kemampuan yang ia miliki sehingga ia akan mampu mengikuti perkembangan ilmu. Berbagai pengalaman, ilmu dan kemampuannya berpadu menjadi satu kekuatan yang akan menunjang ia dalam team work. Lepas dari itu semua, seorang professional memerlukan keuletan dalam bekerja. Mustahil rasanya sebuah capaian besar diraih oleh professional tanpa keuletan.

Jika satu tim telah terbentuk atas orang-orang yang professional yang bersedia bekerja ulet dan tanggung jawab, maka langkah berikutnya adalah menciptakan team work yang handal. Individu-individu professional perlu bekerjasama dan menciptakan hubungan kerja yang kondusif sehingga suasana kerja menjadi harmonis. Masing-masing individu professional menyadari bahwa ia berada di bawah naungan visi dan misi tim yang sama  sehingga ia mampu meletakkan visi dan misi dirinya di bawah visi dan misi bersama. Mereka bekerjasama dan sadar bahwa kualitas pekerjaannya sangat mempengaruhi kualitas pekerjaan orang lain. Oleh karenanya ia ingin menyelesaikan pekerjaan dengan sebaik mungkin. 


Namun pada kenyataan di dunia nyata, membangun sebuah team work yang solid dan handal tidaklah mudah. Banyak sekali virus-virus negative yang selalu mengancam. Contoh gampangnya saja penyakit iri. Seseorang mungkin saja ingin terlihat menonjol, ingin terlihat yang terbaik di mata atasannya sehingga ia tidak suka melihat orang lain mendapat apresiasi dari atasannya. Segala cara pun dilakukan untuk mencelakakan orang lain. Mulai dari tuduhan bahkan memfitnah orang lain. Bermula dari keadaan yang semacam ini, sangat mungkin akan terjadi krisis kepercayaan. Saling curiga yang bermula dari penyakit iri.
 


Banyak sekali penyakit hati lain yang akan merusak sebuah hubungan dan suasana kerja. Contoh: sombong, kikir, serakah, ingin selalu dipuji, putus asa, takjub atas diri sendiri dan memperturutkan hawa nafsu. Sifat-sifat ini ternyata tidak akan hilang kecuali dengan pemahaman agama yang baik. Dan ternyata karakter dijunjung atas nilai-nilai spiritual adalah sebaik-baik solusi. Islam dengan segala kesempurnaannya mengajarkan kepada kita untuk dapat hidup bahagia, baik dalam lingkup kehidupan sebagai makhluk individu, social maupun di tempat  kerja. Maka dengan berprinsip dengan kaidah Islam, niscaya team work dapat bekerja dengan maksimal dan dengan berkah didalamnya akan menebarkan makna dalam kehidupan kita. 


Jika segenap pembaca berminat untuk mengadakan pelatihan, program engembangan diri, riset SDM maupun konsultasi dapat menghubungi call center Matahati Training & Consulting yang beralamat di Djogj Village A-14 Plosokuning IV Minomartani Sleman Yogyakarta 55581. Telp. 0274-872204, 3039811, atau 081227782802. E-mail: matahati.jogja@yahoo.co.id.
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerdas Menggapai Cita Bersama

Pelatihan The Winning Team "Puskesmas Umbulharjo II" Di dalam kehidupan organisasi kerja, kita sebagai makhluk individu dihadapkan pada kehidupan sosial yang menawarkan banyak sekali perbedaan. Sebagai makhluk individu, masing-masing dari diri kita memiliki nilai, visi, misi dan tujuan. Namun ketika kita memasuki dunia kerja atau dunia sosial, kita dihadapkan pada visi, nilai dan aturan bersama yang mungkin dalam sudut pandangan kita akan menghambat tercapainya visi individu dalam diri kita. Di satu sisi kita ingin memperjuangkan visi hidup kita dengan segera, namun di sisi yang lain pekerjaan menuntut kita untuk kerja profesional, sedangkan untuk bisa kerja profesional, Anda merasa bahwa ada banyak hal yang harus Anda korbankan dari diri Anda. Menyikapi masalah semacam ini, beberapa individu pekerja dapat menyadari bahwa kepentingan bersama merupakan kepentingan yang harus lebih diutamakan. Namun sebagian yang lain tampaknya susah sekali menekan ego dan bersikera...

Pelatihan Motivasi & Membangun Karakter Bisnis

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat dan kompetitif, setiap dan usaha manapun harus dapat mengikuti perkembangan dan tuntutan pasar yang semakin meningkat. Kita tidak hanya bersaing mengenai harga. Namun kita juga bersaing tentang kualitas dan pelayanan. Oleh karena itu, untuk menciptakan wirausaha tangguh dan mandiri serta yang sadar akan kompetitifnya persaingan maka Disperindagkop & UMKM Banjarnegara mengadakan pelatihan bagi koperasi-koperasi. Disperindagkop Banjarnegara kali ini bermitra dengan Matahati Training & Consulting sebagai pemateri dalam pelatihan ini. Tampillah Motivator & Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya dan Audith M. Turmudhi menyampaikan sejumlah materi yang telah tersusun dalam kurikulum tertentu selama 4 hari lamanya. Pelatihan ini diadakan di hotel Surya Yudha Park Banjarnegara. Mau tidak mau kita sebagai pelaku bisnis pada saat ini akan menghadapai sebuah persaingan hebat ke depannya. Kita sebagai pelaku bisnis lokal...

PELATIHAN SUKSES MENDAPATKAN PEKERJAAN IMPIAN

Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian  Dalam rangka mempersiapkan kelulusan jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta, tanggal 26 Maret 2013, diselenggarakanlah sebuah pelatihan yang bertajuk "Job Hunting: Getting to The Great Job." Pelatihan ini dibawakan oleh Motivator &  Master Pengembangan Diri Kiki F. Wijaya. Pelatihan ini dikemas dalam in house training selama 3,5 jam efektif yang diikuti oleh  Mahasiswa Jurusan Keibidanan. Dalam pelatihan ini diantaranya dijelaskan mengenai: Bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik dan menjual, apa saja tips dan trik menghadapi tes wawancara dan bagaimana agar kita mendapatkan pekerjaan impian. Lulus dari jenjang perguruan tinggi merupakan dambaan setiap mahasiswa yang telah mencapai semester akhir. Namun impian kamu tentu tidaklah berhenti di situ saja. Setelah satu impian telah berhasil kamu capai, maka sudah barang pasti kamu akan menggapai impian selanjutnya, tentu denga...