Langsung ke konten utama

SMART SELLING & EXTRAORDINARY SERVICE LKS DANA INSANI BANTUL

Seiring terjadinya revolusi informasi yang ditandai dengan pemanfaatan internet dan jejaring sosial, maka perilaku konsumen harus dipahami dalam perspektif yang lebih luas. Mengutip Hermawan Kertajaya dan Bayu Asmara dalam Wow Service is Care (2014), paling tidak ada lima siklus yang dialami konsumen ketika dia akan membeli produk atau jasa Anda. Tahap pertama disebut "Aware", di mana konsumen menyadari keberadaan produk/jasa yang Anda tawarkan. Hal ini bisa terjadi karena dia berusaha mencari tahu atau mendapatkan rekomendasi dari konsumen lain yang telah menggunakan produk/jasa Anda. Anda akan lebih mudah mempengaruhi calon konsumen jika situasi kedua yang terjadi. Namun hal ini bukan berarti dia otomatis akan membeli produk/jasa Anda. Tapi setidaknya dia mulai tertarik terhadap produk/jasa Anda. Kondisi inilah yang menandai siklus kedua yang disebut "Appeal".  

Setelah itulah konsumen akan berusaha mencari tahu berbagai informasi tentang produk/jasa Anda melalui internet. Dia akan berselancar di "google", membaca profil produk/jasa Anda melalui web site, mempelajari konsumen-konsumen yang pernah Anda layani, dan membandingkan harga yang Anda tawarkan dengan pesaing Anda. Tidak cukup sampai disitu, konsumen juga akan meminta pendapat dari orang lain yang pernah menggunakan produk/jasa Anda. Umumnya dia akan menggunakan facebook, BBM dan saluran sosial media lainnya untuk mendapatkan konfirmasi tentang produk yang Anda tawarkan atau layanan yang pernah Anda berikan. Dia ingin memantapkan pilihannya. Perilaku inilah yang disebut tahap "Ask". 

Jika produk/jasa Anda lolos pada pada tahap ini, maka calon konsumen Anda akan membeli jasa/produk Anda. Inilah tahap keempat yang disebut "Act". Bila Anda mampu memberikan pelayanan yang paripurna, maka konsumen akan dengan sukarela mempromosikan produk/jasa Anda kepada orang lain yang belum pernah menggunakan produk/jasa Anda. Dia bisa melakukan secara pasif, dalam arti dia menunggu orang lain bertanya tentang produk/jasa Anda. Atau bisa pula dia melakukannnya secara aktif, yakni dengan menyampaikan pengalamannya kepada orang lain yang ada di sekelilingnya atau menuliskan status tentang betapa puasnya dia terhadap produk/jasa Anda melalui jejaring sosial. Perilaku inilah yang disebut tahap "Advocate".

Itulah sekelumit materi yang saya sampaikan dalam Super Motivation Training "Smart Selling & Extraordinary Service" bagi para pimpinan dan karyawan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) Dana Insani Bantul Yogyakarta. Acara yang berlangsung pada tanggal 24 Januari 2015 dan bertempat di Dermaga Hotel ini memberikan wawasan tentang sikap dan tindakan apa yang mestinya dilakukan agar kita mampu membuat konsumen masuk pada tahap Advocate tersebut. Sebagai penyedia jasa, LKS Dana Insani tidak boleh hanya berkutat pada pemenuhan kebutuhan konsumen, namun juga mampu memenuhi harapan konsumen. Bahkan jika memungkinkan harus mampu menciptakan pelayanan yang sangat personal dan spesial kepada konsumen sehingga dia akan berkata "WOW" kepada Anda.

Apakah Anda juga tertarik untuk membuat konsumen Anda jatuh cinta kepada Anda dan tidak mudah berpaling ke lain hati ?. Segera hubungi kami di no : (0274) 8722014 atau 081227782802.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Outbound Dosen & Karyawan Jurusan Kebidanan UNRIYO

Bersama Respati Raih Prestasi....!!! Pada hari Sabtu, 9 Februari 2013 Matahati Jogja kembali diamanahkan oleh Ketua Jurusan D3 & D4 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta untuk bermitra mengadakan outbound di Desa Wisata Sendang Kumitir Turi Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 50 peserta yang terdiri dari dosen dan karyawan D3 & D4 Jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta. Peserta di area  Permainan Menyeberangi Sungai Dalam kegiatan ini terekam jelas keceriaan para peserta ketika memainkan berbagai permainan yang telah disajikan oleh Matahati Jogja. Pada permulaan acara para peserta mengikuti games raja ratu uhuy, aba-aba terbalik, dan tarian aramsasa. Diikuti dengan permainan step "A" dimana para peserta dituntut untuk berkoordinasi dan bekerjasama memindahkan bola yang telah disediakan dengan metode sedemikian rupa. Selain itu para peserta juga memainkan bakiak dimana di sini kita dapat belajar mengenai kebersama...

Pelatihan Manajemen Usaha Disperindag Sleman & Matahati Jogja

Alhamdulillah, untuk ke sekian kalinya, Matahati Jogja dipercaya menjadi mitra Disperindagkop Sleman Yogyakarta dalam Super Motivation Training yang bertajuk "Pelatihan Manajemen Usaha Sektor Industri" . Paling tidak, selama bulan April ini, ada dua kelas yang dilatih. Kelas pertama diselenggarakan pada tanggal 10-12 April 2012 di Desa Sendang Tirto Berbah Sleman Yogyakarta. Sedangkan kelas kedua diselenggarakan pada tanggal 17-19 April 2012 di Desa Kali Tirto Berbah Sleman Yogyakarta. Yang menarik, latar belakang peserta yang mengikuti pelatihan ini sangat berbeda. Pada kelas yang pertama, peserta didominasi oleh para ibu rumah tangga yang mengolah produk makanan berbahan kacang mete. Salah satunya produk andalannya adalah peyek mete. Sementara pada kelas yang kedua, pesertanya berasal dari ibu rumah tangga yang mengolah abon berbahan ikan air tawar, seperti lele, nila, dan lain sebagainya.  Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini terbatas. Hanya 20 orang per kela...

Strategi Menjadi Siswa Unggul & Berprestasi SMP 8 Jogja

Mendengar istilah Ujian Nasional, yang terbayang adalah kondisi yang menegangkan dan menakutkan. Beberapa siswa dengan berbagai karakternya tentu memiliki sikap yang berbeda-beda dalam menghadapi momentum ini. Dalam prakteknya yang   bisa kita lihat melalui surat kabar maupun media elektronik, bervariasi informasi bisa kita peroleh. Bahkan siswa yang menunjukkan prestasi akademik pun tidak lulus pada saat Ujian Nasional. Mengapa demikian? Karena siswa tidak hanya dituntut untuk mampu dalam akademik saja, namun juga harus dipersiapkan mentalnya agar tidak mengalami down saat menghadapi suasana ujian itu. Oleh karenanya, pelatihan motivasi sangat perlu diadakan agar peserta dapat menumbuhkan mental dan meningkatkan motivasi belajarnya. Dalam rangka   menghadapi momentum Ujian Nasional dan Ujian Sekolah tingkat SMP yang diselenggarakan pada bulan April 2014 mendatang, SMP 8 Yogyakarta mengadakan pelatihan motivasi Seminar Siswa Super “Great Achiever & Smart Lear...