Langsung ke konten utama

Strategi Menghadapi Ujian Nasional

Pelatihan bersama Kiki F. Wijaya

Di akhir bulan Februari ini, siswa siswi SLTA mulai dihadapkan pada kesibukan yang sungguh menguras tenaga dan fikiran. Betapa tidak, dalam waktu 2 bulan, mereka akan dihadapkan pada ujian praktek, ujian sekolah dan Ujian Nasional yang bisa dibilang akan sangat melelahkan. Tentu bukan hal mudah untuk melaluinya, bahkan tidak dapat dipungkiri bahwa kondisi fisik mengeluhkan lelah sebenarnya. Belum rampung menghadapi semua itu, tidak jarang masalah pribadi tiba-tiba muncul tanpa kita pinta.  

Lalu bagaimana solusinya menghadapi persoalan semacam itu?

TETAP FOKUSKAN KONSENSTRASI. Prioritaskan Ujian Nasional terlebih dahulu karena ini sangat menentukan masa depan dan keberhasilan..

Setiap siswa pasti ingin mendapatkan kepuasan dengan nilai maksimal semampu masing-masing orang. Namun terkadang dia kurang bisa mensiasati sehingga kadang ia kurang fokus dan malah terjebak pada kejenuhan belajar, merasa capek duluan melihat rangkaian jadwal ujian. Padahal untuk menghadapi rentetan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional itu, semestinya dalam hati siswa merasa yakin karena setengah fisiknya sejatinya lelah terforsir belajar sehingga fisik kita membutuhkan perhatian ekstra dari hati kita. Artinya, jika kondisi fisik lelah maka semangat dari hati harus bisa membangkitkan. Kesimpulannya harus saling mendukung antara semangat dan fisik kita.

Itulah mengapa ditengah kesibukan siswa dalam mempersiapkan ujian kelulusan, para siswa harus dibekali motivasi dan inspirasi untuk membangkitkan semangat mereka. Mereka harus kembali diingatkan tentang strategi belajar yang menyenangkan dan harapannya mereka mempunyai bekal untuk bisa percaya diri menghadapi ujian kelulusan. 

Taken at SMAN 1 Ngluwar ~27 Februari 2013~
Nah buat kamu yang pengin sukses Ujian Sekolah dan Ujian Nasional, kiat-kiat apa saja sih yang perlu kamu persiapin?

1. Tetap jaga kondisi dan kesehatan. Apa artinya jika belajar maksimal tapi pada saatnya ujian kamu merasa tidak fit atau malah sakit? Nah loo,, ujung-ujungnya tidak akan maksimal juga. Makanyaa, makan makanan yang seimbang gizi dalam jumlah ynag cukup. Tidak kurang tapi juga jangan berlebihan.
2. Mulailah lebih mencintai belajar. Betapa tidak, dengan belajar dan banyak membaca kamu akan luas wawasan. Inget, buku adalah jendela dunia..! Kamu akan takjub melihat betapa dengan ilmu akan mendatangkan banyak manfaat. Dengan ilmu prestasi meningkat. Kamu akan dibanggakan karena prestasi-prestasimu yang hebat.
3. Pilihlah waktu belajar yang tepat. Waktu yang paling enak adalah ketika badan masih terasa bugar. Pagi misalnya (walaupun tidak semua orang merasa bahwa pagi adalah waktu belajar yang paling nyaman).
4.  Buat suasana belajar yang menyenangkan.  Kamu bisa belajar kelompok, belajar sambil dengerin music atau sambil ngemil. Tapi pastikan bahwa kamu tetep focus pada belajar, bukan malah keasikan dengerin music doang.
5. Banyak-banyak latihan soal. Dengan banyak latihan soal, maka secara otomastis ini akan mengembangkan daya fikir dan menguatkan memori dalam ingatan. Soal-soal ujian tahun pada tahun sebelumnya  bisa kamu dapatkan dari guru mata pelajaran atau search e-book di internet.
6. Belajarlah dengan strategi yang tepat. Tuliskan kta-kata kunci sehingga akan mudah diingat dan dipahami.
7. Jangan lupa untuk berdo’a. Memohon kepada Allah SWT dan minta do’a restu kepada orang tua dan guru-guru yaa.. !

Okeyy.. yang pasti semua orang itu hebat. YAKIN,, KAMU PASTI BISA..!!

Nah buat segenap pembaca, kami siap berbagi tips dan trik menarik agar setiap orang mampu memotivasi diri untuk dapat tumbuh berkembang menjadi pribadi berkarakter yang siap menjadi pemenang.   Bagi yang berminat untuk mengadakan pelatihan, program pengembangan diri, maupun konsultasi hubungi call center MATAHATI TRAINING & CONSULTING yang beralamat di Djogja Village A-14 Plosokuning Ngaglik Minomartani Sleman Yogyakarta 55581. Telp. (0274) 8722014, 3039811, 081227782802. E-mail: matahati.jogja@yahoo.co.id. Selamat bermitra dengan kami..!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

GREAT CHARACTERS : 7 KARAKTER PEMENANG SEJATI (BUKU KE EMPAT KIKI F. WIJAYA : MOTIVATOR JOGJA)

Kalau kita amati dengan lebih teliti, ternyata dalam sejarah peradaban manusia ada orang yang sangat sukses dan ada pula orang yang sukses pada umumnya. Atau dalam redaksi yang berbeda, dalam kehidupan ini ada orang yang mampu mencapai prestasi spektakuler (great achiever) dan ada orang yang hanya mencapai prestasi yang biasa-biasa saja (good achiever) . Di sebut prestasi yang biasa-biasa saja karena kesuksesan tersebut bisa diraih oleh setiap individu jika mereka berusaha dan sungguh-sungguh mengupayakannya. Setiap orang bisa memiliki harta yang berlimpah, karir yang cemerlang atau popularitas yang mempesona. Asalkan orang tersebut mau berusaha, lalu menempa dirinya dengan sungguh-sungguh dan bertekun dengan impiannya itu, maka sukses dalam pengertian tersebut pasti bisa diraihnya. Namun hal ini sangat berbeda dengan orang yang berprestasi luar biasa (great achiver) .  ada tiga hal yang membedakan orang yang berprestasi luar biasa dengan orang-orang yang sukses pada umu

Pelatihan Motivasi "The Power of Dream"

Kiki F. Wijaya dalam Pelatihan Motivasi bersama Akper Notokusumo Yogyakarta Langkah pertama untuk menjemput kesuksesan adalah menetapkan impian . Dengan mempunyai impian, Anda akan tetap bertahan dan terus memperjuangkan impian karena sejatinya impian itu menyimpan kekuatan. Orang yang hidup tanpa impian akan cepat merasa bosan dan mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan. Singkat kata, impian menyimpan kekuatan yang akan mengaktifkan energi-energi luar biasa manusia. Kekuatan impian itu diantaranya adalah: Impian menunjukkan arah hidup Anda . Impian meningkatkan kekuatan Anda . Jika Anda telah menetapkan impian maka Anda pasti terbayang oleh perasaan nikmatnya mencapai impian itu. Dengan begitu Anda akan terdorong untuk bisa mewujudkan impian itu segera. Impian membantu Anda menentukan prioritas . Dengan impian yang telah Anda tetapkan, Anda akan bisa menentukan hal-hal apa saja yang menjadi prioritas bahkan hal/kegiatan apa yang bisa ditinggalkan. Dengan impian Anda

Outbound Dosen & Karyawan Jurusan Kebidanan UNRIYO

Bersama Respati Raih Prestasi....!!! Pada hari Sabtu, 9 Februari 2013 Matahati Jogja kembali diamanahkan oleh Ketua Jurusan D3 & D4 Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta untuk bermitra mengadakan outbound di Desa Wisata Sendang Kumitir Turi Sleman Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sedikitnya 50 peserta yang terdiri dari dosen dan karyawan D3 & D4 Jurusan Kebidanan Universitas Respati Yogyakarta. Peserta di area  Permainan Menyeberangi Sungai Dalam kegiatan ini terekam jelas keceriaan para peserta ketika memainkan berbagai permainan yang telah disajikan oleh Matahati Jogja. Pada permulaan acara para peserta mengikuti games raja ratu uhuy, aba-aba terbalik, dan tarian aramsasa. Diikuti dengan permainan step "A" dimana para peserta dituntut untuk berkoordinasi dan bekerjasama memindahkan bola yang telah disediakan dengan metode sedemikian rupa. Selain itu para peserta juga memainkan bakiak dimana di sini kita dapat belajar mengenai kebersama